3 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Bisa Anda Pilih

Dalam mempermudah proses transaksi jual beli kini telah banyak alat pembayaran non tunai yang memberikan kemudahan sehingga membuat sebagian besar dari Anda mulai beralih menggunakannya.

Bagi Anda yang belum menggunakannya, dan masih belum tahu mana yang terbaik. Di sini, akan Anda temukan jenis-jenis alat pembayaran tersebut.

aneka kartu kreditTentunya keragaman ini untuk memastikan alat pembayaran mana yang cocok untuk Anda gunakan. Mau tahu?

  • Sistem Pembayaran Berbasis Warkat

Anda tidak membutuhkan uang sampai memenuhi kantong saku untuk melakukan pembayaran. Karena model pembayaran barang yang Anda beli bisa dilakukan dengan model warkat ini.

Sistem kerja dari alat ini adalah menarik atau mengambil sejumlah uang yang Anda miliki di sebuah Bank sesuai dengan jumlah yang dikehendaki.

Artinya, sebesar apapun uang yang akan dibayarkan, asalkan ada alat tersebut, maka pembayaran bisa dilakukan.

Dari sini, pihak penerima pembayaran akan mengambilnya sendiri karena mendapatkan kesepakatan pembayaran. Contoh dari sarana pembayaran non tunai ini adalah cek, giro dan lain sebagainya.

  • Sistem Pembayaran Berbasis Kartu

Pada sistem pembayaran barang menggunakan kartu ini, pihak pembayar akan sangat dimudahkan dalam bertransaksi walaupun dengan jumlah yang lebih besar.

Sistem kerjanya adalah dengan meminjam uang dari sebuah Bank. Artinya, uang tadi tidak diambil secara langsung dari tabungan si pembayar.

Masalahnya, jika Anda tidak bijak menggunakannya, maka tagihan untuk pelunasan uang pinjaman ini akan sangat berbahaya.

Pasalnya, tagihannya akan cukup besar karena dihitung juga dengan bunga yang harus dibayar oleh si pengguna pada tenggat waktu tertentu. Contoh dari pembayaran non tunai berbasis kartu ini adalah kartu kredit.

Kartu jenis ini dikeluarkan oleh Bank tertentu, diberikan pada konsumen yang ingin memperoleh kemudahan dalam urusan peminjaman uang untuk pembayaran sebuah barang.

  • Sistem Pembayaran Non Tunai Berbasis Elektronik

Semakin berkembangnya teknologi, kini Anda akan menemukan sejumlah kemudahan yang tidak diperoleh di masa lalu. Contohnya adalah dalam hal transaksi jual beli.

Kemudahan ini dikarenakan oleh adanya alat pembayaran elektronik atau biasa dikenal sebagai uang elektronik. Artinya, Anda cukup memiliki alatnya sebagai sarana untuk melunasi pembayaran sebuah barang.

Sistem kerja dari alat ini hampir mirip dengan ATM. Yakni alat tersebut telah berisikan saldo yang bisa segera digunakan. Hanya saja, uang yang tersimpan terbatas sekitar 5 juta rupiah. Contohnya adalah e-wallet.

Itulah tiga jenis alat pembayaran non tunai yang mana bisa Anda pilih untuk mempermudah urusan jual beli barang.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0