4 Tips Liburan untuk Ibu Hamil

Tahukah Anda bahwa ternyata ibu hamil juga membutuhkan liburan? Yap, pada masa kehamilan seorang wanita cenderung memiliki mood yang bisa berubah dengan cepat dan lebih sensitif. Dengan berlibur, Anda bisa menenangkan pikiran sehingga mood Anda akan membaik. Namun tentunya, ada banyak hal yang harus lebih diperhatikan jika ingin berlibur saat hamil. Sebab hanya mempersiapkan dana, lokasi liburan, asuransi perjalanan murah, dan beberapa persiapan biasa lainnya tidak akan cukup.

Yap, melibatkan seorang wanita yang sedang hamil memang membutuhkan persiapan yanibu hamil berenangg tidak sedikit, bahkan sejak awal Anda dan pasangan menentukan lokasi liburan yang akan dikunjungi. Apa saja ya yang harus diketahui sebelum liburan saat hamil? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Lokasi

Pilihlah lokasi liburan yang tidak membutuhkan tenaga besar untuk mencapainya. Anda bisa memilih wisata pegunungan maupun wisata air seperti pantai atau air terjun. Lokasi wisata alam akan memberikan efek yang positif kepada Anda.

  • Schedule

Ketika mengatur jadwal untuk liburan, pastikan untuk mengatur jadwal makan dengan baik. Selain itu carilah informasi mengenai rumah makan yang menyediakan berbagai menu makanan yang aman untuk Anda konsumsi. Sebab ibu hamil pada umumnya akan memiliki keterbatasan makanan yang boleh dikonsumsi. Selain itu aturlah jadwal perjalanan dengan baik agar Anda tidak merasa kelelahan. Sebab pada umumnya ibu hamil lebih mudah merasa lelah jika dibandingkan dengan kondisi normal.

  • Penginapan

Carilah hotel yang nyaman karena pada saat liburan Anda pasti akan merasa lelah, dan hotel yang kurang nyaman akan membuat waktu istirahat Anda terganggu. Hal tersebut sangat berbahaya karena kurang istirahat bisa mempengaruhi kesehatan Anda dan janin yang ada dalam kandungan.

  • Persiapan

Selain membawa barang-barang yang umum diperlukan selama perjalanan, Anda juga tidak boleh melupakan susu kehamilan agar nutrisi kehamilan tetap terpenuhi selama liburan. Jangan lupa juga untuk membawa camilan sehat yang bisa Anda konsumsi di antara waktu makan.

Bagaimana, sudah siap untuk liburan? Jangan lupa ya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan sebelum melakukan liburan untuk memastikan bahwa kandungan cukup kuat untuk diajak melakukan perjalanan. Selamat bersenang-senang. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0