5 Fitur Keselamatan yang Harus Ada Saat Membeli Mobil Baru

5 Fitur Keselamatan Mobil BaruSaat Anda memutuskan membeli sebuah mobil baru, tentu saja Anda akan memperhatikan semua fitur yang terdapat pada mobil salah satunya fitur keselamatan. Betul? Memang sih, dengan memerhatikan fitur keselamatan yang ada pada mobil sangat bermanfaat sekali buat Anda nantinya. Kenapa? Yaa, dengan adanya fitur keselamatan pada mobil ini, maka Anda pun akan terhindar dari yang namanya kecelakaan saat berkendara. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu lagi khawatir jika ada beberapa suara yang muncul pada mobil, dikarenakan adanya fitur keselamatan ini.

Berikut beberapa fitur keselamatan yang harus ada pada saat Anda membeli sebuah mobil baru. Check it out:

  1. Three Point Seatbelts. Three point seatbelts sendiri merupakan sabuk pengaman yang terdapat pada mobil, yang terletak di bagian samping kursi pengendara maupun penumpang. Adanya three point seatbelts pada mobil, tentu sangat bermanfaat sekali buat pengendara maupun penumpangnya. Bagaimana tidak, three point seatbelts mampu melindungi penumpang maupun pengendaranya dari gerakan yang sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan parah, mencegah terlemparnya penumpang maupun pengendara keluar dari mobil saat terjadinya kecelakaan, terhindar dari penilangan Polisi, dan juga meningkatkan kerja airbags.
  2. Airbags merupakan bantal udara yang mengembang secara otomatis saat terjadi benturan keras pada mobil. Airbags terletak di bagian dashboard di samping kursi baris pertama, dan juga di bagian pintu mobil. Airbags sendiri berfungsi untuk melindungi dada, leher, kepala jika terjadi kecelakaan pada saat mengendarai mobil. Namun, tidak semua mobil yang memiliki fitur airbags ini.
  3. Electronic Stability Control. Fitur keselamatan yang satu ini wajib sekali ada di setiap mobil baru maupun bekas. Kenapa? Yaa, dengan adanya fitur electronic stability control ini akan memberikan deteksi secara otomatis kepada pengendara jika terjadi sesuatu pada mobil. Contohnya, apabila Anda sedang mengemudikan mobil dan kehilangan control, maka electronic stability control pun akan membantu Anda merem mobil.
  4. Anti-Lock Braking System dan Traction Control System. Anti-Lock Braking System dan Traction Control System merupakan fitur keselamatan yang digunakan untuk sistem pengereman. Fitur yang satu ini berfungsi mencegah terkuncinya roda saat adanya pengereman secara mendadak. Dengan adanya fitur ini, tentu saja membuat Anda tidak perlu lagi khawatir jika ada binatang yang melintas secara tiba-tiba, mobil lain yang merem secara mendadak, dan lainnya.
  5. Crumple Zones. Crumples Zones merupakan salah satu kontruksi yang terdapat di bagian samping, depan, dan belakang mobil, yang dibuat serapuh mungkin. Jika ada benturan keras saat kecelakaan, maka bagian crumple zones yang akan menyerap gaya kinetik, sehingga penumpang maupun pengendara pun tidak akan sampai terluka parah.

Nah, itulah beberapa fitur keselamatan yang harus ada saat Anda membeli sebuah mobil baru. Selain memperhatikan fitur keselamatan mobil sebelum melakukan pembelian, Anda juga perlu melakukan pengecekan jenis transmisi yang digunakan. Kenapa perlu? Biar nantinya tidak salah beli karena oli mobil matic berbeda dengan oli mobil manual.–SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0