5 Keuntungan Sarapan

Sarapan PagiSarapan adalah kegiatan yang paling sering kita lewatkan setiap harinya. Entah karena rutinitas yang sudah semakin padat atau karena kita memang ingin mengurangi berat badan dengan cara melewatkan waktu sarapan. Poin kedua merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh para perempuan. Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa perempuan selalu menginginkan tubuh yang ideal. Segala macam cara sudah dicoba mulai dari menjaga pola makan hingga meminum obat pelangsing perut. Sarapan sering dilewatkan dengan harapan lemak tidak akan menumpuk di dalam perut. Padahal, tahukah Anda kalau sarapan justru membawa banyak manfaat bagi tubuh? Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapat jika kita melakukan sarapan setiap harinya.

  1. Menjaga metabolisme tubuh. Setelah beristirahat setidaknya 8 jam sehari, perut kita perlu beroperasi lagi untuk meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk itu, kita perlu sarapan pagi agar tubuh kita berenergi dan mampu beraktivitas sepanjang hari.
  2. Menurunkan berat badan. Sengaja melewatkan sarapan dengan harapan untuk mengurangi berat badan? Salah besar. Sebab sarapan justru membantu kita untuk menghilangkan lemak. Caranya, pilihlah makanan-makanan yang bebas lemak dan menyehatkan seperti sereal, susu, buah, yogurt, atau bahkan sayur. Seluruh makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat memberikan energi untuk tubuh. Nilai plusnya, jika kita sarapan pagi, maka kita bisa mengurangi kemungkinan untuk mengemil sepanjang hari.
  3. Meningkatkan konsentrasi. Ingatkah ketika kita kecil saat guru kita selalu menyarankan untuk sarapan setiap pagi ? Hal itu bukannya tanpa alasan. Sebab, sarapan mampu meningkatkan konsentrasi kita di pagi hari. Makanan yang kita makan memberikan impuls langsung ke tubuh dan membuat otak kita semakin mudah berkonsentrasi.
  4. Menaikan mood. Percaya atau tidak, orang yang menyantap sarapannya di pagi hari memiliki mood yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Pasalnya, asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah terpenuhi dan dapat merangsang hormon-hormon dalam tubuh yang membuat kita bersemangat dan percaya diri. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0