Asal Usul Pie Susu Khas Bali

Kalian yang pernah berkunjung dan menginap di hotel in Bali pasti sudah tidak asing dengan Pie Susu yang menjadi oleh-oleh khas Bali. Kue imut dengan rasa yang manis ini memang sangat populer di kalangan wisatawan Bali, terutama yang berasal dari dalam negeri. Salah satu kue pie susu yang paling terkenal dan banyak di cari adalah Pie susu “Asli Enaaak” yang merupakan pelopor kue pie susu di Bali.

pie susu baliKue pie susu Asli Enaaak ini sudah ada sejak tahun 1989. Awalnya, bisnis ini dijalankan oleh ibu Tantri seorang dari rumahnya yang berada di Jl. Nuri, tidak jauh dari toko saat ini yang terletak di Jl. Nangka. Setelah semakin populer, Ibuu Tantri pun akhirnya mempekerjakan beberapa karyawan untuk membantu produksi dan memenuhi permintaan pembeli. Saat ini sendiri, pebisnis pie susu di Bali pun sudah banyak dan mulai memiliki rasa yang beragam, tidak mulai dari coklat hingga blueberry.

Sebenarnya sampai saat ini masih menjadi pertanyaan mengapa pie susu akhirnya menjadi oleh-oleh khas Bali, sementara pie susu sendiri sudah lebih dulu dikenal di luar negeri, dengan sebutan egg tart, seperti di Hongkong dan portugis.

Ya, egg tart yang ada di Hongkong bisa dibilang merupakan cikal bakal dari pie susu yang ada di Bali. DI Hongkisng sendiri, pie susu ini diperkenalkan pada tahun 1940-an oleh Tengs Cha Chaan, dan mulai populer pada tahun 1960-an. Meski dianggap sebagai cikal bakal dari pie susu Bali, namun pie susu asal Hongkong juga dianggap sebagai adaptasi dari dari tart custard yang berasal dari Inggris. Apalagi Hongkong juga dulunya merupakan bekas jajahan dari Inggris. Pie susu dari Hongkong ini berbentuk layer (puff pastry) yang menjadi kulit luarnya dengan isi custard telur.

Sementara pie susu dari portugis dikenal dengan sebutan pastel de nata, yang juga dipercaya masuk ke Hongkong melalui koloni Portugis yang berada di Makau. Bedanya dengan pie susu Hongkong adalah kerak luarnya yang lebih berupa shortcrust pastry.

Nah, Pie Susu Bali dipercaya merupakan gabungan dari pie susu Hongkong dan Barat ini. Pie susu Bali memiliki kerak luar yang berupa shortcrust pastry dengan isian egg custard yang tidak terlalu tinggi sehingga lebih renyah dan tidak terlalu eneg karena terlalu tebal.

Nah, kalau kalian mau membeli Pie Susu khas Bali ini, pastikan untuk memesannya terlebih dahulu sebelum mendatanggi tokonya. Karena pie susu ini dibuat berdasarkan pesanan, sehingga kalian bisa saja kehabisan saat sampai di toko. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0