Aturan Perpindahan Sewa Menyewa pada Apartemen

Banyaknya orang yang membutuhkan apartemen membuat pengembang properti tertarik untuk membangun apartemen di kota-kota besar yang menjadi pusat bisnis, salah satunya adalah kota Jakarta. Hal ini, tentunya akan berdampak pada terus bertambahnya jumlah available apartment in Jakarta dalam kondisi baru yang bisa dibeli atau disewa oleh masyarakat.

perpindahan pemilik apartemenNamun demikian, sebelum mulai menyewa apartemen, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh penyewa apartemen. Salah satunya adalah mengetahui bagaimana sistem perpindahan tangan atas penyewaan unit apartemennya. Sebab, sebetulnya penyewaan apartemen tidaklah diperbolehkan. Karena itulah, jika kita ingin menyewa dengan sistem ini, akan lebih baik jika kita mengetahui dengan jelas apakah manajemen apartemen mengijinkan sistem ini. Tujuannya agar tidak akan terjadi masalah dikemudian hari.

Untuk perjanjian sewa menyewanya sendiri, umumnya akan mencakup beberapa hal berikut ini, antara lain:

  • Keterangan perpindahan hak dari pemilik lama apartemen kepada penyewa apartemen selama masa sewa. Artinya, pemilik lama tidak memiliki hak apapun untuk menggunakan berbagai fasilitas umum yang ada di apartemen yang hanya diperuntukkan bagi penghuni apartemen. Pemilik lama juga secara otomatis akan kehilangan hak nya atas ruangan, bagian, benda apapun yang berada di apartemen sesuai dengan isi perjanjian dengan pihak penyewa.
  • Selain hak, pemilik lama juga secara otomatis tidak perlu melakukan berbagai kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua penghuni apartemen, karena akan berpindah pada penyewa apartemen. Aturan mengenai hak dan kewajiban ini akan tercantum dalam formulir dan surat perjanjian yang harus diisi pihak pemilik lama apartemen, dan diketahui oleh pihak manajemen apartemen.
  • Pihak manajemen apartemen akan menyiapkan surat perjanjian sewa standar yang berisikan berbagai hal yang harus ditaati oleh pihak penyewa apartemen.
  • Jika dikemudian hari terdapat suatu masalah antara pihak pemilik apartemen dan penyewa apartemen maka masalah tersebut tidak akan berpengaruh pada pihak manajemen apartemen.

Pembuatan surat perjanjian sewa menyewa ini sangatlah penting, karena akan melindungi hak dan kewajiban kedua belah pihak seandainya salah satunya melakukan sebuah hal yang merugikan pihak lainnya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0