Ayam Betutu Men Tempeh: Kuliner Bali yang Sangat Populer

Menginap di bali hotel tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kekayaan kuliner yang ada di sana. Selain wisata pantainya dan pemandangan yang eksotis, Bali memang menawan hati banyak pengunjung dengan kekayaan rasa kulinernya. Buat kamu yang suka makan dan kebetulan sedang berlibur ke Bali, jangan lupa nih untuk mencicipi salah satu kuliner Bali yang terkenal. Sudah bisa menebak makanan apa itu? Yap, jawabannya adalah ayam betutu!

ayam-betutu-men-tempehTidak bisa disangkal, ayam betutu merupakan kuliner khas Bali yang sangat populer terutama untuk kamu yang suka pedas. Sebab hanya di sinilah kamu bisa mencicipi daging ayam yang pedas dan kaya akan rempah-rempah. Wih, kebayang dong bagaimana gurih dan lezatnya rasa kuliner ini? Pasti bikin ketagihan!

Salah satu restoran terkenal yang menjual ayam betutu adalah Ayam Betutu Men Tempeh, yang berada di Gilimanuk. Meski di Bali terdapat banyak restoran yang menjual menu serupa, namun hanya Ayam Betutu Men Tempeh lah yang cukup populer. Usut punya usut, dulu masyarakat Bali tidak boleh sembarang mengonsumsi kuliner ini. Ayam betutu hanya disajikan pada saat upacara tertentu saja, jadi tidak boleh dimakan setiap saat. Hal ini terus berlanjut, hingga pada tahun 1970an tradisi tersebut mulai berubah dan banyak ayam betutu mulai dijual untuk khalayak luas.

Di restoran Ayam Betutu Men Tempeh, sajian ayam ini disajikan dengan beberapa opsi: ada ayam utuh, ayam setengah utuh, atau ayam potongan. Biasanya, menu ayam betutu disajikan dengan nasi, sayur, dan juga sambal.

Cara pembuatan ayam betutu ini tergolong unik. Pasalnya, bumbu untuk penambah rasa dalam masakan ini dimasukkan ke dalam perut ayam. Dan ayam yang digunakan pun seringnya ayam kampung karena dagingnya lebih legit dan juga menyerap bumbu dengan lebih baik. Setelah bumbu dimasukkan, ayam ini akan dibungkus dengan daun pisang lalu dimasak dengan cara dipanggang. Cara pemanggangannya pun unik karena bara yang digunakan merupakan bara api sekam dan dipanggang selama satu hari penuh. Hal inilah yang kemudian membuat ayam ini terasa lebih gurih, lembut, dengan tingkat kepedasan yang otentik.

Satu hal yang perlu kamu tahu, selain ayam, beberapa tempat makan juga menyediakan bebek betutu. Untuk masalah rasa, jangan khawatir karena sama lezat dan gurihnya, kok!

Gimana, tertarik untuk mencoba ayam betutu khas Bali ini? Silakan kunjungi Ayam Betutu Men Tempeh, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0