Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Online Shop?

Banyaknya online shop yang beredar mempermudah kita sebagai pengguna Internet Indonesia untuk mendapatkan berbagai kebutuhan. Apalagi, mulai banyak online shop yang menyediakan aplikasi agar proses transaksi tetap bisa dilakukan via mobile. Jadi, konsumen tidak perlu repot-repot online menggunakan PC atau laptop ketika ingin melakukan transaksi. Dengan aplikasi ini, konsumen akan dapat melakukan transaksi via smartphone dimanapun kita berada.

wanita belanja onlineAkan tetapi, sebagai konsumen online shop, pasti kita sering mendengar berita penipuan yang dilakukan oleh online shop. Konsumen sudah membayar, lalu tiba-tiba online shop menghilang begitu saja. Hal ini, tentunya akan membuat kita merasa lebih waspada atau mungkin takut untuk berbelanja online. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak juga pada sulitnya online shop jujur yang ingin mendapatkan konsumen.

Meskipun begitu, ternyata masih banyak juga loh online shop yang tetap sukses berjualan dan mendapatkan kepercayaan konsumennya. Kok bisa yah? Yah, tentunya tidak mudah bagi mereka untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena tidak ada hal pasti yang membuat kepercayaan tersebut muncul. Terkadang, konsumen bahkan hanya menggunakan feeling saat memilih untuk belanja disebuah online shop, khususnya ketika ada beberapa online shop menawarkan sebuah produk dengan harga yang sama.

Namun, untuk menimbulkan feeling yang baik pada konsumen, tentu online shop juga harus berusaha. Beberapa cara berikut ini, adalah hal yang bisa dilakukan online shop untuk mendapatkan kepercayaan dan feeling yang baik dari konsumen:

  • Foto

Konsumen akan melihat produk yang ditawarkan hanya berdasarkan foto yang di upload oleh online shop. Jika foto sebuah online shop “A” lebih menarik dan lebih jelas dibandingkan dengan online shop “B”, tentunya konsumen akan lebih memilih untuk membeli di online shop “A”.

  • Testimonial

Setelah melihat foto, konsumen akan memperhatikan testimonial atau review dari konsumen. Jika ada banyak konsumen negatif dari konsumen, maka akan sulit untuk konsumen percaya pada online shop tersebut. Karena itulah, walaupun konsumen membeli hanya sedikit saja, online shop wajib untuk tetap melayani dengan baik agar konsumen memberikan review yang baik.

  • Komunikasi

Jika konsumen sudah memilih untuk membeli pada online shop, maka hal selanjutnya adalah kelancaran komunikasi. Kecepatan sebuah online shop dan dalam memberikan respon akan sangat berpengaruh pada kepercayaan konsumen.

Namun, ketiga hal tersebut hanya akan berpengaruh pada online shop yang baru. Sementara, untuk online shop yang sudah cukup terkenal, masalah kecepatan dalam merespon konsumen tidak terlalu berpengaruh. Karena, konsumen akan merasa maklum jika respon sedikit lebih lambat. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0