Ban Tube dan Tubeless

Bagi pengguna kendaraan beroda empat seperti Mitsubishi Strada Triton ataupun kendaraan roda dua, pasti sudah pernah mengganti ban kendaraan. Baik karena memang sudah waktunya, ataupun karena terpaksa. Misalnya saja, karena ban yang sudah gundul atau ban yang rusak karena sudah terlalu banyak tambalan. Apalagi, jika kendaraan digunakan secara aktif, maka masa pakai ban pun pastinya akan semakin pendek.

ban tubeless dan tube typePada saat kita bermain ke toko ban untuk membeli ban baru, pada umumnya kita akan ditanyakan beberapa pertanyaan mengenai ban yang kita butuhkan. Dari beberapa pertanyaan, salah satunya yaitu apakah kita akan membeli ban tube ataukah ban tubeless. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun tentunya kedua ban ini memiliki perbedaan. Agar lebih memahaminya, yuk kita bahas lebih dalam.

Ban tube lebih dikenal dengan ban biasa, atau ban yang harus dilengkapi dengan ban dalam. Sementara, ban tubeless ini tidak menggunakan ban dalam. Dari segi harga, ban tubeless lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa. Hanya saja, karena ban biasa ini memiliki dua komponen, yaitu bn luar dan ban dalam, sehingga jika dihitung-hitung perbedaan harga diantara keduanya tidaklah terlalu jauh.

Diantara kedua ban ini, lebih banyak pengguna kendaraan yang lebih memilih ban tubeless dibandingkan dengan ban tube. Alasannya, karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ban tubeless. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Ketika ban tertusuk paku, angin dalam ban tidak akan langsung habis begitu saja. Hal ini disebabkan karena sisi ban yang berlubang akan tertutup oleh paku, sehingga angin akan keluar secara perlahan. Sementara, jika menggunakan ban tube, angin akan langsung habis begitu ban tertusuk oleh paku.
  • Proses penambalan ban tubless juga relatif lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan ban tube. Selain itu, karena angin tidak langsung habis saat ban tertusuk paku, kita masih punya kesempatan untuk mengendarai kendaraan kita sampai ke tempat tambal yang menurut kita aman.
  • Semakin banyak pengguna kendaraan yang tertarik menggunakan nitrogen untuk angin pada ban kendaraannya. Untuk dapat mengisi dengan nitrogen ini, pengguna kendaraan harus menggunakan ban tubeless.

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, mana yang lebih kalian pilih untuk kendaraan kesayangan? Ban tube ataukah ban tubeless? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0