Bantu Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan dengan Mainan Ini

Seperti yang kita ketahui, bayi yang baru memasuki usia tiga bulan tidak mampu untuk mengekplorasikan keinginannya sendiri layaknya anak yang sudah berusia sekitar empat ataupun lima tahun. Oleh sebab itu, untuk menunjang perkembangan bayi usia 3 bulan ini, Bunda bisa loh memberikan beberapa mainan lucu yang dapat membantu perkembangannya. Selain itu, dengan mainan tersebut, bisa pula meningkatkan kemampuan kognitif bayi untuk merespon apa yang diucapkan oleh orang tuanya.

mainan rattle untuk bayiLantas, mainan apa saja yang bisa diberikan kepada bayi yang masih berusia tiga bulan? Langsung kita cari tahu jawabannya disini yuks, Bunda! (kutipan melalui situs AyahBunda)

  1. Ciluk Ba. Pada usia ini, gerak bayi masih sangat terbatas, sehingga mereka hanya bisa menoleh apabila diberi tanda, dan mendengar apa yang diucapkan. Untuk itu, cobalah Bunda memainkan Ciluk Ba pada bayi tersebut. Dengan memainkan permainan ini, biasanya dapat membuat bayi langsung menoleh pada Bunda dan sesekali akan memberikan senyum manisnya untuk Bunda.
  2. Rattle. Apa itu Rattle? Rattle sendiri merupakan salah satu mainan yang biasanya berbunyi krincing, atau bahasa Indonesianya adalah mainan Kerincingan. Nah, Bunda bisa juga loh memberi mainan ini untuk bayi. Pada saat dibunyikan, nantinya bayi pun akan langsung menoleh sumber suara, dan sangat senang ketika mendengarnya. Di samping itu, Bunda pun bisa memasang Kerincingan ini di atas tempat tidur bayi yang biasanya ada gantungan untuk dipasangkan mainan lucu.
  3. Telepon mainan. Memang, di usia ini bayi belum mengetahui betul apa itu telepon mainan. Namun, dengan memainkan telepon mainan ini, dapat membantu meningkatkan pendengaran sekaligus penglihatan bayi, karena mendengar langsung suara yang dihasilkan oleh telepon mainan tersebut sekaligus melihat kerlap-kerlip lampu dari telepon mainan.
  4. Bola karet. Di usia tiga bulan ini, bayi pun sangat senang mengekplorasikan sesuatu ke dalam mulutnya. Entah itu, jari tangannya ataupun mainan yang diberikan kepadanya. Nah, coba deh Bunda beri bola karet atau mainan dengan gambar binatang lucu yang di dalamnya berisi air kepada bayi. Adanya mainan ini dapat membuat bayi tersebut senang sekaligus mampu membuatnya tersenyum dengan mainan itu.
  5. Gebuk drum. Meskipun belum tahu gebuk drum, namun Bunda bisa kok memberikan permainan ini untuk bayi. Sebab, ketika menyusui bayi pasti pernah memukulkan tangannya ke payudara Bunda. Selain dapat membuatnya senang, dengan bermain gebuk drum dapat pula membantu meningkatkan pendengarannya mencari tahu dimana asal sumber suara gebuk drum tersebut.

Itulah beberapa mainan yang bisa Bunda berikan kepada bayi yang masih berusia tiga bulan. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat ya, Bunda.

Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0