Beli piano bekas di toko alat musik

Piano merupakan alat musik paling besar dan paling tua serta memiliki suara yang indah yang mudah untuk menyatu dengan suara alat musik lainnya. Namun juga bisa untuk dijadikan sebagai instrumental solo. Tidak heran banyak orang yang ingin membeli dan memiliki alat musik yang mewah ini. Tapi, membeli piano tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang harus di cek dari suatu piano saat memilihnya di toko alat musik. Harganya pun bisa berbeda jauh lebih tinggi dibandingkan dengan alat musik lainnya.

pianoHarga piano yang mahal ini pun membuat tidak sedikit calon pembeli yang akhirnya memutuskan untuk membeli piano bekas. Meski beberapa orang mengatakan bahwa membeli piano bekas berisiko, namum selama kita bisa memilihnya dengan baik, maka kita pun bisa memiliki piano klasik dengan harga yang tidal terlalu tinggi namun dengan kondisi yang prima. Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika membeli piano bekas?

Beli di toko alat musik
Piano bekas biasanya tidak memiliki garansi, karenanya akan sangat lebih baik untuk membeli piano bekas di toko alat musik yang terpercaya dibandingkan membeli secara online. Mengingat kondisinya yang bekas pakai, akan sangat penting bagi kita untuk bisa menyetuh dan memainkannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Apalagi, saat ini sudah banyak toko alat musik yang menjual pinano bekas, jadi tidak ada salahnya untuk mengecek yang ada di sana dibandingkan dengan membeli online.

Bandingkan harga
Carilah informasi mengenai range harga piano yang baru dan harga piano bekas, serta harga piano baru untuk model yang sama. Ini bisa kita jadikan sebagai pegangan dalam membeli dan juga memastikan bahwa harga yang kita bayarkan memang sesuai dengan harga di pasaran.

Cek sejarah pemakaian sebelumnya
Penting sekali untuk mengetahui sejarah suatu piano bekas yang ingin dibeli. Sejarah ini misalnya saja siapakah pemilik sebelumnya, apakah piano digunakan secara musikal atau hanya dijadikan pajangan pemanis ruangan saja, berapa lama pemiliki sebelumnya memiliki piano tersebut, dan mengapa ia ingin menjual pianonya. Dari sejarah pemakaian ini, kita bisa mengetahui secara garis besar bagaimana kondisi piano tersebut. Seperti bila piano dimiliki oleh seorang pemusik, biasanya piano memiliki kondisi yang bagus karena pasti akan dirawat dengan benar.

Ajak mereka yang telah berpengalaman
Bila kita baru pertama kali membeli piano, maka sebaiknya mengajakn satu orang yang telah berpengalaman dalam memainkan piano dan mengerti betul alat musik ini. Mereka bisa membantu kita untuk mengetahui apakah alat piano tersebut benar-benar masih dalam keadaan yang bagus atau tidak. Jangan kita memang membeli dengan harga yang murah namun kondisi piano sudah sangat buruk dan butuh perbaikan dengan biaya yang besar.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kita pasti bisa mendapatkan piano dengan harga yang murah namun kualitas prima. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0