Berbagai Genre dalam Sebuah Film bagian 2

Sebelumnya, kita sudah membahas beberapa genre pada bagian 1, seperti genre biografi yang digunakan pada film Habibie Ainun. Nah, nggak usah berlama-lama lagi yah, langsung kita bahas aja yuks genre pada film:

  • aneka genre filmKomedi

Film dengan genre ini terkadang tidak memiliki makna sama sekali, sebab lebih mengutamakan unsur komedi dalam ceritanya. Sebab itulah, terkadang alur ceritanyapun tidak begitu jelas. Meskipun begitu, film ini sangat diminati, karena dapat menyegarkan pikiran dari berbagai aktivitas keseharian.

  • Dokumenter

Film bergenre ini menceritakan tentang sebuah peristiwa. Terkadang, jika ada yang berhasil mendokumentasikan peristiwa tersebut secara langsung, maka rekaman tersebut yang digunakan untuk film ini. Namun, terkadang film ini juga dibuat berdasarkan dari keterangan saksi mata secara langsung, dan kemudian dibuat ke dalam sebuah film. Hal ini dilakukan jika tidak ada seorangpun yang mendokumentasikan peristiwa tersebut. Untuk kisah yang diangkat sendiri, biasanya adalah dokumentasi tentang bencana alam.

  • Keluarga

Film ini biasanya bercerita tentang konflik dalam sebuah keluarga. Bisa antara orangtua dengan anak, kakak dengan adik, suami dengan istri, dan tokoh lainnya. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada tokoh lain dalam film ini yah. Hanya saja, inti ceritanya berpusat dalam sebuah keluarga.

  • Fantasi

Film fantasi ini bercerita tentang sebuah hal yang bersifat fantasi atau khayalan. Hal yang dijadikan topik dalam film ini adalah sesuatu yang tidak mungkin, seperti sihir, peri, dan sejenisnya. Biasanya, film genre ini digabungkan dengan genre lainnya sesuai inti cerita, misalnya fantasi romantis, fantasi komedi, dan berbagai hal lainnya.

  • History

Film bergenre ini, akan mengambil setting sejarah sebagai inti ceritanya. Jika di Indonesia sendiri, film genre ini umumnya menceritakan kisah tentang masa suatu kerajaan tertentu, pada masa pemerintahan raja tertentu.

  • Musikal

Film yang bergenre musikal pasti mengandung unsur musik di dalamnya. Namun, jangan salah yah, musik di sini maksudnya adalah musik yang benar-benar dinyanyikan oleh tokoh. Artinya, jika sebuah dalam penayangan sebuah film banyak diiringi musik namun hanya dijadikan backsound saja, film ini tidak termasuk genre musikal. Beberapa contoh film musikal yang high school musical dan hannah montana.

Masih belum menemukan genre yang kamu inginkan? Tenang, Berbagai Genre dalam Sebuah Film bagian 3. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0