Berbagai Genre dalam Sebuah Film bagian 3

Setelah membahas beberapa genre film yang sangat berbeda satu sama lain, kali ini kita akan membahas genre yang terkadang dianggap sama oleh banyak orang. Film dengan genre berikut ini sangat disukai oleh para penggemar film, termasuk di Indonesia. Apalagi, jika dibuat oleh produser terbaik, dijamin deh pasti penonton yang mengantri untuk membeli tiketnya akan sangat banyak.

Penasaran, genre apa sih yang dimaksud? Langsung bahas saja yuk.

  • aneka genre filmMisteri

Apa yang pertama ada dipikiranmu ketika mendengar film misteri? Jika yang belum paham, pasti akan langsung teringat dengan film yang dipenuhi dengan makhluk halus. Padahal, pendapat ini salah besar loh. Sebab, film dengan genre misteri ini sebenarnya adalah sebuah film yang menceritakan tentang bagaimana sang tokoh utama mengungkap sebuah misteri yang sedang berlangsung, bisa tentang pembunuhan, penculikan, atau hal lainnya. Dalam film bergenre ini, terkadang akan ada bahaya yang mengintai tokoh utama saat sedang menyelidiki suatu hal, namun biasanya akan lebih menguras pikiran. Bahkan, penonton juga akan diajak untuk ikut menyelidiki konflik dalam film, berdasarkan dari adegan yang ada.

  • Horor

Nah, film bergenre horor barulah film yang melibatkan makhluk halus, seperti hantu, vampire, dan sejenisnya. Namun, terkadang dalam film horor ini juga menceritakan sang tokoh utama yang mengungkap sesuatu. Misalnya, mengungkap pnyebab pembunuhan seseorang yang pada akhirnya menjadi hantu dalam film tersebut. Inilah yang menyebabkan banyak orang menganggap bahwa horor dan misteri sama. Padahal, tidak semua film horor mengandung unsur misteri di dalamnya. Banyak juga film horor yang hanya terfokus pada bagaimana agar film tersebut dapat menakuti penontonnya.

  • Thriller

Film dengan genre ini mirip dengan misteri, namun lebih banyak aksi dibandingkan dengan misteri. Jika misteri membuat otak penontonnya bekerja untuk ikut memecahkan suatu masalah, pada film dengan genre ini penonton akan lebih merasa tegang. Sebab, tokoh utamanya akan menghadapi lebih banyak bahaya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika akan ada banyak pembunuhan dalam film ini.

  • Suspense

Mirip dengan thriller dan misteri, hanya saja pada film bergenre suspense ini penonton sebenarnya sudah mengetahui semua hal sejak awal. Berbeda dengan misteri yang akan mengungkap semu inti cerita diakhir. Lalu apa menariknya? Jela menarik, sebab meskipun penonton sudah mengetahui sebagian besar masalah sejak awal, namun tokoh dalam film belum mengetahuinya. Keistimewaan lainnya yaitu, terkadang tokoh yang menjadi penjahat dalam film ini, justru meraih simpati dari penonton. Selain itu, dalam film bergenre suspense terkadang juga digabungkan dengan genre misteri, dengan membuat ending cerita yang membuat penonton terkejut.

Sebenarnya, tidak ada penjelasan secara resmi tentang pembagian genre ini. Bahkan, seiring dengan perkembangan ide cerita, bisa saja jumlah dari genre ini terus bertambah. Namun, beberapa yang telah dibahas dalam bagian 1, bagian 2 dan artikel ini merupakan genre yang umum digunakan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0