Berbagai Pertimbangan Pembeli Saat Membeli Properti

Setiap harinya, selalu ada saja transaksi jual-beli Properti Indonesia, baik itu berupa rumah maupun apartemen. Hal ini wajar saja, mengingat jumlah penduduk yang cukup banyak, dan pastinya akan selalu terjadi perputaran akan kebutuhan properti. Misalnya saja, ketika seseorang menjual rumahnya untuk mencari rumah baru dengan alasan tertentu, maka orang tersebut secara tidak langsung akan berperan sebagai penjual bagi rumah lamanya dan sebagai pembeli untuk rumah barunya.

tips investasi propertyNamun, meskipun selalu saja ada yang membutuhkan properti sebagai tempat tinggalnya, ternyata menjual rumah ataupun apartemen bukanlah hal yang mudah. Bahkan, terkadang seorang penjual membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk memasarkan propertinya. Hal ini wajar saja karena untuk membeli sebuah properti, seorang pembeli harus mengeluarkan uang dalam jumlah cukup besar. Sehingga, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli properti tersebut. Beberapa hal yang dijadikan pertimbangan membeli properti yaitu:

  • Lokasi

Properti yang berada dilokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas umum, akan menjadi salah satu pertimbangan pembeli. Umumnya, semakin dekat sebuah rumah dengan fasilitas umum maka harga rumah akan semakin tinggi. Namun, tidak semua orang senang dengan lokasi ini. Ada beberapa jenis orang yang menyukai ketenangan, tidak begitu senang tinggal di lokasi yang dekat dengan fasilitas umum karena merasa terlalu ramai.

  • Kondisi bangunan

Seorang pembeli tidak hanya melihat rumah dari segi kualitas bangunan saja, tetapi juga dari segi bentuk dan tatanan ruangan. Setiap orang umumnya memiliki selera yang berbeda untuk tempat tinggalnya, karena itulah sebagian besar pembeli akan melakukan renovasi terhadap tempat tinggalnya. Baik dalam skala kecil maupun besar. Jika tatanan rumah sudah sesuai dengan selera calon pembeli, artinya calon pembeli tidak perlu melakukan banyak renovasi, sehingga akan mengurangi cost.

  • Akses jalan

Akses jalan yang cukup luas mulai banyak dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi mengingat masyarakat yang memiliki mobil semakin bertambah jumlahnya. Selain itu, akses kendaraan umum juga menjadi pertimbangan sebagian orang. Bagi yang menginginkan tempat tinggal yang nyaman dan eksklusif, umumnya lebih menyukai tempat tinggal yang tidak dilalui kendaraan umum. Sementara, pada sebagian orang yang masih membutuhkan kendaraan umum sebagai alat transportasinya, kemudahan dalam menjangkau transportasi umum menjadi salah satu poin penting.

  • Harga

Ini sudah pasti menjadi pertimbangan semua pembeli. Walaupun ketika seorang pembeli menemukan kecocokan dengan sebuah properti, namun jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan kemampuannya, maka transaksi jual-beli tetap tidak akan terjadi. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0