Berbagai Pilihan Konfigurasi pada Colocation Indonesia

Seperti perusahaan jasa lainnya, perusahaan yang bergerak dibidang colocation indonesia juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh kliennya. Ehm, tahu mengenai bisnis colocation? Jika tidak, kita bahas sedikit. Bisnis colocation merupakan bisnis yang menawarkan fasilitas penyimpanan server yang berfungsi sebagai pusat data sebuah perusahaan. Dari mulai kemudahan penambahan bandwidth saat dibutuhkan oleh klien, atau berbagai fasilitas bermanfaat lainnya. Diantara berbagai fasilitas tersebut, masalah konfigurasi colocation adalah salah satu fasilitas penting yang harus dipahami oleh klien. Hal ini sangatlah penting, karena berkaitan dengan fitur keamanan serta lokasi penempatan server milik kita.

Fasilitas ColocationNah, agar kita tidak salah dalam memilih konfigurasi untuk server kita, akan lebih baik jika kita memahami apa saja konfigurasi yang biasanya ditawarkan, serta kelebihan dan kekurangannya.

  • 1u Colocation

Layanan ini bisa disebut juga dengan layanan colocation server bersama, karena server milik pelanggan atau klien yang menggunakan layanan ini akan diletakkan pada rak yang sama. Diantara semua konfigurasi yang ditawarkan oleh provider colocation, konfigurasi ini adalah yang paling murah. Namun, tentu ada risiko yang harus ditanggung oleh para klien. Untuk dapat mengakses peralatan yang mereka miliki, para klien ini harus saling berhubungan dan membuat janji terlebih dahulu. Selain itu, pada layanan ini juga tidak banyak provider yang menyediakan layanan akses selama sehari penuh dan pemberian fasilitas keamanan lebih.

  • Quarter Cabinet Colocation

Pada layanan ini, klien tidak lagi harus berbagai ruang dengan klien lain. Namun, layanan ini memberikan ruang pribadi yang paling kecil bagi klien (menampung 10u), dibandingkan dengan jenis konfigurasi lainnya. Meskipun begitu, layanan ini cukup stabil dan cukup memberikan lingkungan yang aman bagi klien. Hanya saja, karena ukurannya yang cukup kecil sehingga daya dan bandwidth yang ditawarkan oleh provider pun tidaklah terlalu besar.

  • Half-Cabinet Colocation

Pada layanan ini, fasilitas yang ditawarkan oleh provider akan memberikan perbandingan cukup jauh dengan harga yang ditawarkan. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah. Selain itu, kapasitas penyimpanannya lebih besar dibandingkan dengan quarter (20u) dan memiliki daya juga bandwidth yang lebih besar.

  • Full Cabinet Colocation

Untuk yang menginginkan fasilitas paling lengkap, bisa memilih full cabinet colocation untuk memenuhi kebutuhan colocationnya. Pada layanan ini, kapasitas yang ditawarkan pada klien hingga mencapai 40u. Namun tentunya, akan berdampak pada harga yang ditawarkan. Harga yang harus dibayarkan oleh klien cukup tinggi untuk dapat menikmati layanan ini. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0