Cara Pakai Mesin Cuci Agar Menghemat Listrik dan Air

Gimana sih cara memakai mesin cuci agar bisa menghemat listrik dan air? Memang memakai listrik dan air yang berlebihan itu bisa menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan bahkan kelangsungan hidup generasi mendatang juga bisa terganggu. Tak hanya itu, dengan menggunakan listrik dan air yang berlebih bisa berdampak negatif juga terhadap keuangan keluarga. Dari sekian banyak barang elektronik rumah tangga yang memakan listrik dan air dengan jumlah besar hanyalah mesin cuci. Oleh sebab itu, apabila Bunda mampu memakai mesin cuci sebagaimana mestinya maka Bunda bisa menghemat listrik sekaligus air. Nah, jika Bunda belum tahu mengenai cara memakai mesin cuci dengan benar, bisa simak langkah-langkah dibawah ini :

  1. mesin cuci hemat listrik dan air

    pic: rinso.co.id

    Pilih Jenis Mesin Cuci Yang Terbukti Hemat Listrik dan Air

Ketika Bunda ingin beli mesin cuci, pilih jenis mesin cuci yang terbukti hemat air dan juga listrik yakni mesin cuci yang di desain dengan daya kecil. Selain itu, setiap jenis mesin cuci pasti ada kelebihan maupun kekurangannya baik mesin cuci tipe bukaan depan ataupun atas. Misalnya, mesin cuci tipe bukaan atas harganya lebih terjangkau dan lebih hemat listrik dan air. Tetapi secara desain, level kenyamanan ketika mesin cuci tersebut dioperasikan, mesin cuci tipe bukaan depan yang unggul.

  1. Kurangilah Volume Pencucian Baju

Agar bisa hemat listrik, Bunda bisa mengurangi banyaknya cucian baju setiap harinya. Bahkan selain hemat listrik juga hemat deterjen dan air. Disarankan mencuci pakaian itu satu minggu sekali. Tetapi Bunda harus memastikan kalau tidak akan memasukkan begitu banyak baju di mesin cuci agar hasil kebersihannya ternilai maksimal. Jangan lupa juga bahwa Bunda harus menyesuaikan tipe deterjen yang dipakai dengan tipe mesin cuci itu harus sama, mesin cuci tipe bukaan depan harus pakai Rinso jenis Matic Front-Load sementara untuk tipe bukaan atas harus pakai Rinso jenis Matic Top-Load.

  1. Aturlah Temperatur dan Durasi Mesin Cuci

Meskipun mesin cuci milik Bunda tak tergolong tipe mesin cuci yang hemat listrik dan air, Bunda bisa menghematnya dengan cara mengatur temperatur dan durasinya mesin cuci secara tepat. Jika pakaian tak terlalu kotor, bisa Bunda persingkat temperatur suhunya dan durasinya.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0