Cara Pemeliharaan Komponen dan Spare Part  Alat Berat

Layaknya kendaraan seperti motor dan motor, alat berat juga butuh pemeliharan sehingga alat berat bisa dioperasionalkan secara maksimal. Nah, salah satu cara pemeliharaan untuk alat berat adalah dengan mengganti komponen yang sudah lama digunakan dengan spare part alat berat yang baru. Maintenance pada alat-alat berat memang sangat penting dan harus diperhatikaan untuk menghindari kerusakan yang parah dan akibatnya harus mengganti dengan spare part alat berat yang harganya pun tidak murah.

perawatan suku cadangAlat berat yang kita tahu memang berperan penting dalam pembangunan khususnya dalam membangun kontruksi fasilitas umum khususnya untuk proyek pembangunan seperti proyek pembangunan jalan, jembatan, dan gedung-gedung bertingkat. Semakin banyak proyek pembangunan yang dijalankan, tentu akan membutuhkan banyak jenis alat-alat berat dengan kondisi terbaik.

Bagaimana cara pemeliharaan komponen dan spare part alat berat sehingga bisa tahan lama, sehingga bisa menghemat budget untuk tidak perlu selalu mengganti dengan spare part alat berat yang baru.

  • Jaga selalu kebersihan setiap komponen alat berat, sehingga kita mudah berkarat. Pastikan ini selalu dilakukan secara rutin setelah penggunaan alat berat. Karena jika dibiarkan hingga berkarat, justru ini akan membuat komponen pada alat berat akan mengalami keausan hingga pada akhirnya rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Kondisi ini mau-mau tidak mau harus menggunakan dengan spare part alat berat yang baru.
  • Rutin dalam mengganti saringan oli. Hal ini sudah menjadi kewajiban khususnya operator untuk rajin mengganti saringan oli setiap telah melewati 2500 jam pemakaian. Ini dilakukan untuk menghindari kotoran dan benda asing yang akan tersaing dan terbawa oleh saringan oli. Saringan oli akan jika tidak rutin diganti akan penuh dan tersumbat oleh kotoran setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu sehingga menyebabkan tidak berfungsi dengan baik.
  • Gunakan minyak pelumas khusus untuk setiap komponen atau spare part alat berat. Untuk beberapa jenis mesin dan komponen alat berat membutuhkan minyak pelumas khusus untuk membantu dalam mencegah karat. Namun jenis minyak pelumas yang digunakan harus sesuai dengan merk yang dianjurkan.
  • Hindari penggunaan mesin alat berat dengan temperature berlebihan. Jika ini terus menerus dilakukan, maka ini akan memicu kebocoran pada mesin sehingga komponen-kompenen dalam mesin alat berat juga ikut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Oleh karena itu, untuk para operator harus jeli dan cermat ketika mengoperasikan alat berat.

Dengan mengaplikasi beberapa cara-cara di atas, kompoenen dan spare part alat berat pun akan terawatt dengan baik. -apuy-

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0