Cerita Inspiratif Bisa Merubah Kepribadian Anak Menjadi Lebih Baik

Memperdengarkan cerita inspiratif di setiap kali berada di dekat anak sangatlah bagus, bahkan disarankan untuk membangun kepribadian anak. Miris rasanya ketika melihat anak-anak yang beranjak dewasa, namun prilaku yang dimilikinya tidak mencerminkan kepribadian yang baik. Contoh kasusnya sangat banyak. Anak-anak tidak memiliki rasa hormat terhadap orang yang lebih tua, bahkan ada juga yang terkesan tidak mau tahu mengenai apa yang dialami orang yang kesusahan.

cerita-inspiratif-untuk-anakSemuanya berawal dari apa yang diajarkan oleh lingkungannya. Termasuk ketika berada di rumahnya sendiri. Sebenarnya, bentukan kepribadian berawal dari pengajaran yang diberikan. Dan pengajaran yang lebih mudah bisa didapatkan dengan mendengarkan sebuah kisah inspiratif kehidupan.

Apa Pentingnya Cerita Inspiratif Untuk Pengajaran Anak?

Ibarat kertas, anak adalah kertas putih tanpa noda. Coretan kecil akan terus membekas di kertas tersebut. Sama dengan anak, apa yang orang tua ajarkan akan mengena. Karena anak-anak akan terus menerus belajar, mengambil sesuatu dari apa yang dijalani di sekitarnya. Jika Anda mengajarkan kebaikan, maka buah yang didapatkan adalah kebaikan pula. Dan ini berlaku untuk pengajaran sebaliknya.

Pengajaran ini tidak hanya sebatas memberikan praktek, namun bisa dilakukan dengan menceritakan sebuah kisah hidup yang penuh hikmah. Di sini, anak-anak akan terus berfantasi, memposisikan dirinya dalam sebuah situasi. Dan inilah mengapa cerita yang menginspirasi bakalan mengubah cara berfikirnya di kemudian hari. Dengan kata lain, pentingnya memperdengarkan cerita ini tidak ubahnya untuk mengarahkannya sebagai anak-anak yang baik, dan berkepribadian yang lebih baik.

Seberapa Kuatkah Cerita Inspirasi Ini Untuk Merubah Prilaku Anak?

Ketika ditanya mengenai seberapa kuat kisah kehidupan dalam mempengaruhi prilaku seorang anak? Maka, jawabannya sangatlah kuat. Malahan akan lebih luar biasa karena efeknya lebih mengena ketimbang cara lainnya. Hal ini tidak lain disebabkan jika cerita seperti ini lebih menyentuh di hati anak. Walaupun anak-anak nampak terlihat nakal sekalipun.

Ketika cerita hidup ini mengena di hati, maka anak-anak akan terus mengingatnya sampai dewasa. Dan ketika anak mengambil inti dari sebuah cerita yang menyentuh hati, maka anak-anak akan melakukan hal sebagaimana yang dikisahkan layaknya anak-anak adalah tokoh tersebut. Makanya, cerita yang mendidik yang diperdengarkan pada anak jelas lebih kuat. Dan inilah yang harusnya orang tua lakukan untuk membentuk kepribadian anak selain mencontohkannya dalam sebuah praktek kehidupan.

Kesimpulannya, alasan dibalik cerita inspiratif yang merubah kepribadian anak tidak lain karena cerita ini serasa nyata, mudah dicerna dan terus diingat oleh anak-anak.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0