Data Center Google di Dunia

Sudah pernah terbayang sebesar atau sebanyak apa Data Center yang dimiliki Google ? Hhmm..pastinya jangan disamakan dengan data center atau Colocation Indonesia ya. Dengan banyaknya data yang dimiliki google,sudah pasti memerlukan data center yang sangat luar biasa banyaknya. Google menginformasikan kepada publik tentang data center yang dimilikinya melalui google data center. Yuk kita lihat seberapa banyak fata center yang dimiliki Google.

lokasi data center google

pic : google

Data Center di Amerika
Google memiliki 7 ( tujuh ) data center yang tersebar diseluruh Amerika. Berikut daftarnya.

Douglas County, Georgia
Google telah memiliki pusat data center di daerah ini sejak tahun 2003. Douglas Country dipilih karena memiliki infrastruktur energi, lahan yang dapat dikembangkan serta tersedianya tenaga kerja untuk data center ini.

The Dalles, Oregon
Pada tahun 2006 Google membuka data center di The Dalles, Oregon. Dengan investasi sebesar 1,2 Milyar $ Google membangun fasilitas dan komitmen jangka panjang.

Berkeley County, South Carolina
Google telah mengumumkan telah membangun pusat data Berkeley County pada tahun 2007, dan pada tahun 2013 telah melakukan perluasan dengan total investasi 1,2 milyar $.

Council Bluffs, Iowa
Pada tahun 2007 Google juga mengumumkan membangun pusat data di Council Bluffs dan pada tahun 2012 kembali membangun fasilitas kedua. Proyek ini telah menghabiskan dana sebesar 1,5 milyar $.

Quilicura, Chili
Pada September 2012 Google mengumumkan rencana pembangunan data center di Quilicura, Chile dan rencananya sudah dapat online pada tahun 2014. Ini adalah data center pertama yang dibangun di Amerika Latin. Proyek data center ini diperkirakan menghabiskan dana 150 juta $ dan menjadi data center paling efisien dan ramah lingkungan.

Mayes County, Oklahoma
Google mengumumkan akan membangun pusat data di Mayes County pada tahun 2007 dan penambahan fasilitas pada tahun 2012. proyek tersebut telah menghabiskan dana sebanyak 700 juta $ untuk pembangunan dan komitmen jangka panjang.

Lenoir, North Carolina
Pada tahun 2007 Google mengumumkan rencana pembangunan data center di Lenoir dengan investasi 1,2 milyar $.

data center google

pic: google

Data Center di Eropa
Saat ini google memiliki 3 ( Tiga ) data center yang terletak di Eropa. Berikut daftarnya.

Hamina, Finlandia
Pada Maret 2009 google membeli sebuah pabrik kertas tua Summa Mill untuk dirubah menjadi pusat data. Pada awalnya mereka investasikan 200 juta Euro untuk pembangunan dan selesai pada tahun 2011. Pada Agustus 2012 google kembali berinvestasi sebesar 150 juta Euro untuk pembangun tahan ke dua. Fasilitas data center ini merupakan yang paling canggih dan efisien dengan menggunakan sistem pendingin teknologi canggih yang menggunakan air laut dari teluk Finlandia.

St. Ghislain, Belgia
Pada bulan April 2007 Google mengumumkan telah berinvestasi sebesar 250 juta Euro untuk membangun pusat data di kota St Ghislain, Belgia. Data center ini telah beroperasi penuh pada September 2010 dan melayani pengguna google di Eropa dan seluruh dunia.

Dublin, Ireland
Dublin telah menjadi pusat google di Eropa selama bertahun – tahun. Pada tahun 2011, google mengumumkan akan merubah sebuah gudang dikawasan industri Dublin barat menjadi sebuah data center dengan investasi 75 juta euro. Data center ini telah selasai dan beroperasional pada September 2012 dengan menggunakan sistem pendingin canggih yang memanfaatkan cuaca Irlandia, sehingga penggunaan AC yang mahal.

Data Center Google di Asia
Google juga telah membangun 2 ( Dua ) data centernya di wiayah Asia, berikut daftarnya.

Changhua County, Taiwan
Pada September 2012 Google mengumumkan akan membangun data center di Changhua County di Taiwan. Pada Desember, proyek ini telah dibuka dengan menghabiskan dana 600 juta $. Data center ini memiliki efisiensi dan hal sistem pendinginan. Dengan menggunakan sitem mendinginkan air pada malam hari, menyimpannya dan menggunakan air yang telah dingin untuk siang hari.

Singapura
Pada desember 2013 data center di Singapura telah online dan merupakan data center pertama di Asia Tenggara. Banyak pengguna internet yang mengakses google dari wilayah Asia dibandingkan wilayah lainnya. Dengan demikian pengguna akan memliki akses yang lebih cepat untuk mengakses google.

Itu daftar data center yang dimiliki google yang berjumlah total 12 ( Dua Belas ) yang tersebar di wilayah Amerika, eropa dan Asia. Tidak terbayang seberapa banyak data yang dimiliki Google sehingga harus menggunakan data center sebanyak itu.

Demikian infrormasi mengenai beberapa data center milik Google di dunia, namun bukan hanya Google saja yang menggunakan data center sebagai media penyimpanan data-data. Selain data center yang dibutuhkan, Pengelolaan Server Bagi Bisnis Online itu Penting!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0