Desa Boneka Nagoro di Pulau Shikoku

Apa jadinya jika sebuah desa dihuni oleh boneka? Menyeramkan atau malah menyenangkan, ya? Nah, bagi Anda yang akan pergi ke Jepang pada liburan mendatang, sebaiknya sempatkan diri untuk mampir ke Pulau Shikoku. Pulau Shikoku merupakan sebuah pulau kecil di Jepang yang memiliki satu desa unik. Namanya adalah Desa Nagoro. Berbeda dengan desa pada umumnya yang dihuni oleh manusia, desa ini justru diisi oleh boneka yang mirip manusia! Waduh, menarik sekali ya! Psst, ingat, jika memang ingin berkunjung ke sini jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan di agen asuransi, ya!

desa-boneka-nagoroDesa Nagoro terletak di Pulau Shikoku. Dulunya, desa ini penuh dengan penduduk yang tinggal di dalamnya. Hanya saja, kini desa tersebut sudah sepi dan ditinggalkan penghuninya. Penduduk yang tinggal di sini hanya tersisa 37 orang saja. Sedih dengan keadaan tersebut, seorang seniman yang bernama Ayano Tsukimi pun menciptakan boneka berbentuk manusia untuk ‘menggantikan’ para penduduk desa. Diharapkan dengan adanya boneka-boneka ini, suasana desa yang tadinya sepi kini kembali ramai.

Ayano kemudian membuat boneka satu persatu dengan kedua tangannya. Ia menciptakan boneka dengan berbagai macam profesi dan juga berbagai macam usia. Ada boneka perempuan setengah baya yang berada di tengah perkebunan seolah sedang berkebun, sebuah ruang kelas yang penuh dengan siswa-siswa boneka seolah tengah belajar, bahkan ada boneka polisi yang berada di sudut jalan. Semua dibuat dengan detail oleh Ayano selama beberapa tahun.

Seniman ini mengaku bahwa membuat boneka adalah hidupnya. Setiap boneka yang ia ciptakan untuk mengisi desa ini dibuat berdasarkan karakter nyata dari orang-orang yang pernah dikenalnya. Hingga saat ini, Ayano telah menciptakan setidaknya 350 boneka di Desa Nagoro. Boneka-boneka ini ia sebar di seluruh penjuru desa sehingga ke mana pun Anda pergi, Anda bisa dengan mudah menemukan keberadaan boneka.

Penduduk Desa Nagaro memang banyak yang memilih untuk pindah ke kota besar demi mencari penghidupan yang lebih baik. Namun kini, dengan adanya boneka-boneka di desa, Desa Nagoro mulai menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke sana. Tertarik untuk mengunjunginya?

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0