Film Indonesia yang Sukses di Mancanegara

Beberapa tahun belakangan ini nampaknya kita sebagai orang Indonesia patut bangga dengan perfilman Indonesia. Pasalnya, beberapa Film Box Office Indonesia tidak hanya sukses di negeri sendiri, namun juga berhasil menarik perhatian penonton di luar negeri. Mulai dari film bergenre action hingga film drama-romantis, film-film Indonesia ini sukses membuat penonton-penonton di mancanegara berdecak kagum.

film box office indonesiaBeberapa film-film box office Indonesia yang juga berhasil menjadi bahan perbincangan di luar negeri di antaranya:

The Raid 1 dan 2
Film action besutan sutradara asal Welsh, Gareth Evan, ini berhasil membawa nama Iko Uwais tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga di luar negeri. Film yang rencananya dibuat dalam 3 film atau berupa trilogi ini bercerita tentang seorang polisi jujur, Rama (Iko Uwais). Jalan ceritanya yang penuh aksi dan berdarah-darah ini ternyata sangat disukai oleh penonton di luar negeri seperti di Eropa dan Amerika Serikat. Film ini bahkan didapuk sebagai film aksi terbaik oleh beberapa antusias film. yang terjebak di dalam satu gedung penuh penjahat.

The Raid bahkan telah menyabet 3 penghargaan dari ajang internasional, seperti Cadillacs People’s Choice Award, Toronto Internatioanl Film Festival, serta The Best Film dan Audience Award dari Jameson Dublin International Film Fesival. Di Indonesia sendiri, The Raid 1 dan 2 berhasil mendatangkan penonton sebanyak 3,3 juta pendonton. Selain pujian dan penghargaan yang berhasil diraih, The Raid bahkan sudah dirilik oleh production house luar untuk dibuat versi Amerika-nya.

Modus Anomali
Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini melakukan permutara perdana berskala dunianya di SXSW 2012, yang merupakan festival film terbesar ke dua di Amerika Serikat. Selain mendapat berbagai tanggapan positif dari blogger dan kritikus film, film ini juga berhasil menyabet berbagai penghargaan, sebut saja Bucehon Award di Korea Selatan.

Lovely Man
Bila 2 film sebelumnya merupakan film action dan thriller maka film yang satu ini merupakan film dengan genre drama. Film yang fokus pada keluarga ini menceritakan tentang seorang anak perempuan dari pesantren yang bertemu dengan ayahnya yang ternyata menjadi waria di Jakarta. Film ini berhasil masuk dalam nominasi Osaka Asian Film Festival dan bahkan beraih pernghargaan Best Actor untuk Donny Damara yang berperan sebagai sang ayah. Penonton di Jepang ternyata sangat menyukai film ini karena menurut mereka film di Indonesia sangat mudah dipahami dibandingkan dengan film di negara mereka sendiri.

The Witness
Film thriller ini merupakan kerjasama antara Filipina dan Indonesia. Bahkan sebelum diputar di Indonesia, film ini telah lebih dulu diputar di Filipina. Film ini pun mendapat apresiasi yang cukup baik di sana. Cinema Evaluation Board, badan resmi Dewan Pengembangan Film Filipina memberikan nilai A untuk The Witness. Selain di Filipina, film ini juga diputar di beberapa negara Indonesia lainnya seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Dubai, dan Thailand.

Melihat prestasi ini sepertinya tidak muluk-muluk bila kita berharap agar semakin banyak lagi film Indonesia yang bisa berada di Box Office Hollywood nantinya. Di tahun ini, banyak juga film Indonesia tahun 2015 yang wajib ditonton di bioskop kesayangan. Meskipun mungkin belum meraih kesuksesan hingga ke mancanegara, namun dengan menonton film-film tersebut artinya kita mendukung perfilman indonesia. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0