Fungsi Pagar di Rumah

Pagar merupakan sebuah elemen yang sangat esensial di sebuah bangunan. Tidak hanya properti berbentuk ruko atau kontrakan saja, misalnya, rumah juga membutuhkan pagar. Pagar bukan lagi menjadi pelengkap tampilan eksterior rumah tetapi juga sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus ada dalam setiap hunian. Tidak heran jika produsen tempat jual pagar besi hingga tempat jual pagar beton precast tidak pernah kehabisan order setiap harinya.

pagar rumahBagi Anda yang hendak memasang pagar di rumah, berikut ini kami berikan beberapa fungsi pagar di hunian Anda:

  1. Alasan keamanan. Fungsi pagar yang terutama dan utama adalah untuk fungsi keamanan. Pagar yang dikatakan aman biasanya memiliki jarak antara teralis yang tidak terlalu lebar alias sempit, sehingga tidak bisa ditembus dengan alasan apa pun. Faktor ketinggian pun harus diperhatikan karena semakin tinggi pagarnya, maka semakin sulit pula untuk dipanjat. Untuk itu, jika Anda memang ingin mengamankan rumah Anda dengan pagar, maka pilihlah pagar yang aman dengan kriteria di atas. Atau mungkin, jika tidak ingin memakai pagar yang bermaterial besi, batuan, atau beton, cobalah untuk membuat pagar dari tanaman merambat seperti dari pagar ber-kisi, misalnya. Ini akan menambah kesan asri sekaligus misterius sehingga bisa menambah elemen eksterior yang menawan.
  2. Pembatas antara rumah utama dengan dunia luar. Selain menjadi pengaman, pagar juga berfungsi untuk menjadi pemisah antara rumah utama dengan dunia luar. Pagar akan menjadi perisai yang memberi privasi bagi Anda sehingga orang luar tidak bisa melirik ke dalam kediaman rumah. Apalagi jika Anda tinggal di pinggir jalan di mana suara bising dari jalan raya bisa terdengar hingga ke dalam bangunan utama. Nah, pagar merupakan salah satu cara untuk meredam suara tersebut. Pilihlah pagar berbahan dasar bata atau beton untuk menghalangi suara dan polusi untuk sampai ke dalam bangunan utama.
  3. Fungsi ketiga selain dua hal di atas adalah fungsi estetika atau keindahan. Pagar merupakan elemen yang bisa menambah keindahan arsitektur rumah dengan bentuknya yang menawan. Jadi, ketika hendak memilih pagar, pastikan bahwa Anda sudah memperhatikan dua unsur di atas sebelum melihat model, konsep, dan bentuk dari pagar yang hendak Anda beli.

Itu dia fungsi-fungsi pagar pada sebuah hunian. Semoga bisa membantu Anda yang hendak memasang pagar di rumah, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0