Gagal Menjalankan Usaha? Mungkin ini Penyebabnya

Menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah. Meskipun seseorang sudah mendapatkan pinjaman modal usaha kecil dalam jumlah cukup banyakpun, tetap tidak bisa menjamin usaha tersebut pasti akan memeroleh kesuksesan. Bahkan, banyak dari para wirausaha ini yang harus rela kehilangan banyak aset berharganya saat mengalami kegagalan dan tidak mampu membayar cicilah pinjaman modal usahanya. Meskipun begitu, banyak juga yang tidak menyerah dan terus berusaha dengan harapan suatu hari akan memperoleh kesuksesan. Tentunya, bagi sebagian orang harapan ini berhasil menjadi kenyataan, namun banyak juga yang masih belum berhasil mewujudkan harapannya.

gagal bisnisAda banyak hal yang menyebabkan sebuah usaha tidak memperoleh keberhasilan, dan justru mengalami kegagalan, diantaranya:

  • Pemahaman yang kurang

Ketika Anda tertarik untuk membuka sebuah usaha dalam bidang tertentu, cobalah untuk lebih mendalami bidang tersebut. Analisa seluruh keuntungan dan kerugian yang mungkin Anda dapatkan dari usaha tersebut. Serta pahami dengan detail berbagai hal mengenai bidang usaha yang akan Anda jalani. Misalnya Anda adalah seorang pecinta buku, maka Anda bisa mencari berbagai ide usaha untuk para pecinta buku. Dengan begini, Anda bisa menjalankan hobi, dan juga meraih keuntungan dari hobi tersebut. Jika Anda sendiri tidak paham dengan usaha yang dijalankan, bagaimana Anda bisa mengatur dengan baik sistem dari usaha Anda?

  • Tidak fokus dan mudah menyerah

Ini adalah salah satu tantangan terbesar yang banyak dialami oleh para wirausaha. Ketika menonton sebuah acara mengenai keuntungan yang diperoleh oleh seorang wirausaha dalam bidang tertentu, tiba-tiba Anda tertarik membuka usaha yang sama dengan harapan memperoleh keberhasilan yang sama. Kemudian, ketika usaha yang Anda jalankan ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan, Anda mulai berpikir untuk menyerah dan melirik usaha lain yang terlihat lebih mudah untuk dijalankan. Jika hal ini terus terjadi, Anda tidak akan pernah memperoleh kesuksesan dalam setiap usaha yang Anda jalankan.

  • Ketidakmampuan mengatur cash flow

Berapa banyakpun modal yang kita dapatkan, jika kita tidak memiliki kemampuan untuk mengelolanya, maka modal ini tidak akan menghasilkan keuntungan maksimal. Bahkan, bisa jadi kita menjadi mengalami kerugian besar akibat modal ini. Banyak orang yang terlena ketika memperoleh modal besar, dan justru menggunakannya untuk keperluan pribadinya dan bukan untuk modal usaha. Akibatnya, mereka kebingungan sendiri ketika harus mengembalikan dana pinjaman tersebut.

  • Keinginan memperoleh keuntungan yang cepat

Setiap usaha pasti membutuhkan proses untuk memperoleh keberhasilan dan keuntungan. Sabar dan terus berjuang adalah 2 cara yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Keinginan memperoleh keuntungan banyak dalam waktu yang cepat sering kali membuat seseorang menjadi tergesa-gesa dalam mengambilkeputusan dan akhirnya justru malah mendapatkan kerugian dari keputusannya tersebut.

Sebenarnya, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis, dan keberuntungan merupakan salah satu faktor penting. Namun, dengan usaha keras dan pantang menyerah, suatu saat kita pasti memperoleh keberhasilan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0