Hula Hoop vs Treadmill untuk menurunkan berat badan

Timbangan sering menjadi musuh bagi beberapa orang yang merasa tubuhnya gemuk. Sebelum mereka merasa berat badannya menurun, mereka akan menghindari benda yang satu itu. Untuk dapat menurunkan berat badannya mereka akan mencoba beragam tips dan cara menurunkan berat badan dengan cepat yang mereka dapatkan. Dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan treadmill secara teratur atau dengan bermain hula hoop.

hula hoop atau treadmillKedua cara tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menurunkan berat badan saja, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat dari kedua olahraga tersebut:

  • Treadmill

Dengan latihan menggunakan treadmill secara teratur kita akan bisa menurunkan berat badan, karena latihan ini dapat membuang kalori tubuh dengan jumlah yang cukup banyak, sesuai dengan lama latihan dan kecepatan kita menggunakan alat ini. Untuk dapat membuang kalori di butuhkan waktu olahraga lebih dari 30 menit, karena 30 menit pertama tubuh hanya akan membakar glikogen, dan baru efektif membakar lemak pada menit-menit selanjutnya.

Selain membakar kalori, alat ini juga dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga tidak hanya menurunkan berat badan saja, tetapi juga dapat melangsingkan tubuh. Olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat melancarkan peredaran darah. Bagi yang memiliki masalah sakit punggung, lutut atau persendian olahraga ini membantu proses penyembuhannya.

  • Hula hoop

Sebelum menggunakan hula hoop sebaiknya mengenal terlebih dahulu jenis hula hoop yang digunakan. Ada dua jenis yang beredar di pasaran, pertama yang terbuat dari plastik dan materi yang digunakan sangat ringan. Jenis ini sering digunakan untuk bermain dan tidak efektif menurunkan berat badan. Yang kedua yaitu hula hoop yang memang untuk tujuan olahraga, dibuat dari materi cukup berat dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan serta melangsingkan tubuh jika digunakan secara teratur. Latihan dengan hula hoop selama 10 menit bisa membakar lemak setara dengan berlari sejauh 1,6 km.

Hula hoop juga sangat efektif untuk membentuk tubuh menjadi indah karena tidak hanya lemak perut saja yang hilang tetapi juga lemak dipinggang. Latihan ini juga bermanfaat untuk mengencangkan pinggul serta merampingkan paha. Bagi wanita, latihaan ini juga bermanfaat untuk mengencangkan payudara, dengan cara mengangkat lengan bersamaan dengan putaran hula hoop.

Share on Facebook10Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0