Ibu Baru Harus Tahu Cara Mencuci Baju Bayi

Pernah dengar ada deterjen khusus untuk pakaian bayi? Deterjen tersebut digunakan agar merawat pakaian bayi yang sangat lembut. Dengan demikian, kulit bayi tidak akan mengalami iritisi.

Sebenarnya, tidak perlu Anda menggunakan deterjen khusus untuk bayi. Apalagi Anda harus memisahkan antara pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa. Terlalu berlebihan jika Anda harus memisahkan antara pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa. Apalagi pemakaian deterjennya pun harus dibedakan.

jemur baju bayiJika Anda ingin tahu cara mencuci baju bayi, Anda hanya perlu melakukan dua hal berikut ini.

  1. Pisahkan Popok

Tidak harus semua pakaian bayi harus dipisahkan dengan pakaian orang dewasa. Anda hanya perlu memisahkan popok bayi saja.

Biasanya ada kotoran yang menempel pada popok. Terutama saat bayi sudah mulai berusia sekitar 2-3 bulan, kotoran bayi semakin banyak dan tidak cari seperti ketika baru berusia beberapa hari.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar tahu cara mencuci popok bayi tersebut. Awalnya, buang dulu kotoran yang menempel pada popok dengan cara membersihkannya dengan air yang mengalir. Setelah kotoran sudah tidak ada, Anda baru bisa merendamnya ke dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu menggunakan deterjen khusus bayi. Tidak masalah kok jika Anda menggunakan deterjen biasa.

  1. Gunakan Sedikit Deterjen Saat Merendam Popok

Nah ini yang paling penting. Tidak perlu Anda menggunakan deterjen khusus. Yang diperlukan hanya deterjen biasa namun dalam jumlah yang sedikit. Alasannya agar daya serapnya baik.

Jadi, tidak ada yang beda antara cara membersihkan baju bayi dengan baju lainnya. Yang Anda harus khususnya hanya cara mencuci popok saja.

Ada yang bilang deterjen biasa bisa membuat kain kasar dan bisa membuat kulit bayi iritasi. Anda mungkin pernah juga mendengar hal tersebut.

Ternyata, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut pakar kesehatan bayi, tidak ada yang membuat kulit bayi sensitif apalagi hanya karena deterjen. Yang perlu dilakukan oleh ibu baru hanyalah memastikan pakaian yang dipilih dibuat dari bahan yang halus. Sementara itu, tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan. Anda bisa mencuci pakaian bayi seperti pakaian dewasa. Asalkan cara mencucinya tidak membuat pakaian menjadi kasar, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Jadi, ibu tidak perlu berlebihan dalam hal ini. Anda mungkin sangat mengkhawatirkan kesehatan bayi terutama kesehatan kulitnya. Namun, jika Anda menerapkan cara mencuci popok bayi tersebut di atas, secara otomatis Anda sudah menjaga kesehatan kulit bayi.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0