Ini yang Terjadi Pada Laptop Saat Shut Down

Setelah selesai berselancar di dunia maya dengan internet rumah, pastinya kita akan mematikan laptop untuk mengistirahatkannya. Proses mematikan laptop tentunya tidak bisa sembarang dilakukan, harus melalui step by step yang tepat—dimulai dari tombol shut down. Nah, tahukah kamu apa yang terjadi pada komputer kamu ketika kamu tengah menjalankan tombol shut down ini? Pasalnya, ketika laptop siap untuk dimatikan, layar laptop akan menampilkan icon loading yang tak jelas apa fungsinya. Mau tahu apa yang terjadi pada laptop kamu saat proses shut down? Ini dia daftarnya:

  1. shutting down laptopSistem laptop akan memeriksa apakah ada software yang masih berjalan dan belum tertutup secara benar. Hal ini semata dilakukan karena jika masih ada program yang berjalan, maka hal tersebut bisa memicu error dan kegagalan dalam penyimpanan file.
  2. Jika masih ada program yang sedang berjalan, maka sistem akan menghentikan background service plus menunggu instruksi pemberhentian program yang sedang berjalan.
  3. Setelah semuanya selesai, sistem juga akan membersihkan cache yang ada di harddisk. Hal ini dilakukan untuk mempercepat performa laptop.
  4. Sistem juga bertanggung jawab untuk menulis file log atau rekaman dari Hal ini biasanya berguna untuk program troubleshooting dan juga debugging.
  5. Cerdiknya, sistem juga mampu me-log out seluruh user yang sedang tersambung di dalam laptop. Ketika proses shut down, sistem juga akan mematikan
  6. Jika ada update dari Windows, maka sistem akan dengan otomatis memulai proses penginstalan update yang terdownload. Inilah yang kemudian membuat proses shut down menjadi lebih lambat.
  7. Setelah update selesai, maka sistem akan mematikan mesin komputer.

Mengingat pentingnya fungsi dari proses shut down ini, sudah sepantasnya kita mematikan laptop dengan benar setelah mengoperasikannya. Windows memiliki waktu untuk menata kembali program yang berjalan di laptop dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Hindari proses mematikan laptop secara paksa karena hal ini bisa merusak sistem laptop kamu.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0