Inilah Perpustakaan Super Megah dari Negara Jerman

Sebelum munculnya internet fiber terbaik untuk bisnis, kita pun mencari dan membaca semua informasi melalui perpustakaan. Betul? Memang sih, dulunya perpustakaan adalah salah satu tempat yang paling di cari oleh setiap orang. Namun, semakin canggihnya teknologi yang berkembang, perpustakaan semakin ditinggal oleh masyarakat luas. Meskipun sudah ditinggal, tapi suasana nyaman hingga megah masih disuguhkan oleh perpustakaan yang beredar di seluruh dunia.

Contohnya saja, beberapa perpustakaan yang terdapat di negara Jerman. Di negara Jerman sendiri terdapat banyak sekali perpustakaan. Bahkan, di setiap sudut kota yang ada di negara Jerman, ada dua hingga tiga perpustakaan yang sangat megah. Apa sajakah perpustakaan yang menyuguhkan suasana super megah di negara Jerman? Berikut beberapa diantaranya:

  1. museum-anna-amalia-bibliothek

    Anna Amalia Bibliothek

    Anna Amalia Bibliothek. Anna Amalia Bibliothek terletak di kota Weimar, Jerman. Perpustakaan ini pun diibaratkan sebagai zamrudnya kota Weimar. Dimana, terdapat berbagai macam buku, peta negara dunia, manuskrip dari musik, dan daftar keluarga kerajaan negara Jerman. Nama Anna Amalia Bibliothek sendiri dibuat oleh seorang Herzogin (gelar untuk seorang bangsawan) kerajaan. Sekitar tahun 1766, semua koleksi yang terdapat di perpustakaan Anna Amalia bertambah dari Rokoko. Namun, sekitar tahun 2004 lalu, perpustakaan yang masuk warisan budaya UNESCO hangus terbakar, yang menghabiskan sebagian koleksi yang terdapat di Anna Amalia Bibliotek. Tapi, setelah tiga tahun direnovasi perpustakaan yang super megah ini pun kembali di buka.

  2. Herzog August Bibliothek. Herzog Augus Bibliothek sendiri berada di Wolfenbüttel, Jerman. Herzog August Bibliothek merupakan salah satu perpustakaan tertua di negara Jerman. Perpustakaan yang sangat megah ini didirikan oleh seorang yang bernama August pada tahun 1579. August adalah seorang yang bergelar bangsawan (Herzog), yang dikenal sebagai seorang kolektor buku. Semasa hidupnya, dia sangat berjasa sekali menyumbangkan buku-buku yang sudah dikumpulkannya. Uniknya, semua buku yang ada di perpustakaan ini berasal dari abad pertengahan.
  3. Bibliothek Bibliothek 21 yang terletak di kota Stuttgart, Jerman memiliki design perpustakaan yang super mewah dan sangat menakjubkan. Perpaduan beton dengan gelas berbentuk dadu yang terdapat pada perpustakaan ini, pada malam hari menyuguhkan suasana cantik yang menambah keelokan Bibliothek 21. Selain adanya perpaduan beton dengan gelas berbentuk dadu, ternyata di perpustakaan yang satu ini memanfaatkan sinar matahari sebagai energinya. Apabila ada sinar matahari, maka sinarnya pun akan langsung masuk ke dalam perpustakaan. Bibliothek 21 sendiri dirancang oleh seorang perancang ternama bernama Eun Young Yi yang berasal dari negara Korea Selatan. Bibliothek 21 terdiri dari 11 lantai, yang di setiap lantainya dipilah sesuai dengan jenis dan genre buku yang disuguhkan
  4. Sains Oberlausitz Bibliothek. Sains Oberlausitz Bibliothek terletak di kota Görlitz, Jerman. Perpustakaan yang berada dekat dengan perbatasan Polandia ini didirikan sekitar tahun 1809. Ruang yang ada di dalam perpustakaan Sains Oberlausitz sungguh sangat menakjubkan dan megah dengan tampilan klasiknya. Lebih dari 140.000 buku terdapat di perpustakaan ini. Mulai dari, buku sejarah, alam, kebudayaan, masyarakat, dan dunia.
  5. Jacob Und Wilhelm Grimm Zentrum. Jacob Und Wilhelm Grimm Zentrum berdiri tahun 2009, yang terletak di Humboldt, Berlin, Jerman. Di perpustakaan ini, terdapat koleksi buku dari abad pertengahan hingga sekarang, dan juga ada layanan computer serta media yang super canggih. Desain super megah yang terdapat di perpustakaan ini, memberikan suasana baca bak di luar ruangan.

Bagaimana? Masih gak mau membaca di perpustakaan yang super megah di negara Jerman? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0