Jaga Kesehatan Tulang Anda

Olahraga adalah hal yang baik untuk kesehatan Anda. Mungkin, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Anda menerima ajakan teman kerja untuk menyewa lapangan futsal dengan rumput sintetis, setelah pulang kerja. Apalagi, jika Anda bekerja dibagian back office yang cenderung pasif dan hanya bekerja dibalik meja selama seharian. Olahraga tentulah menjadi hal yang penting untuk dilakukan, terutama untuk kesehatan tulang Anda. Asalkan, Anda bergerak tidak berlebihan lho, yaa.

tulang sehatSelain bergerak, mengonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan tulang juga bisa diterapkan lho. Tulang adalah kerangka penopang tubuh yang membantu tubuh agar bisa berdiri tegak. Agar tulang bisa sehat dan kuat, Anda membutuhkan kandungan kalsium. Kalsium sendiri merupakan kandungan mineral yang penting sebagai penguat tulang, penghubung antar saraf, dan membantu pergerakan otot.

  1. Vitamin K. Tahukah Anda bahwa vitamin K memiliki kemampuan khusus yakni membantu pembekuan darah? Di samping itu, vitamin K dapat memproduksi protein yang diperlukan tubuh untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah penumpukan kalsium. Anda bisa memperbanyak konsumsi vitamin K dalam tubuh dengan memakan sayur-sayuran seperti kubis, kol, atau brokoli. Sama halnya dengan kalsium, vitamin K juga tidak kalah penting untuk pertumbuhan tulang, loh!
  2. Vitamin D. Percaya atau tidak, kalsium bergantung pula dengan vitamin D loh. Sebab vitamin D membantu penyebaran kalsium ke seluruh tulang. Sumber makanan yang mengandung vitamin D terdiri atas salmon, sarden, makarel, susu rendah lemak, susu kedelai, kuning telur, dan juga yogurt. Anda juga bisa sering-sering berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk menambah kandungan vitamin D dalam tubuh Anda.
  3. Protein membantu tubuh kita dari gejala keropos tulang. Sebab ketika tubuh kita kekurangan protein, maka tulang kita akan mudah keropos. Untuk menjaga tulang agar tepat sehat dan kuat, perbanyaklah mengonsumsi makanan mengandung protein seperti lauk pauk berupa ikan dan daging, kacang-kacangan, keju, susu, dan juga biji-bijian.
  4. Magnesium dapat dipercaya dapat menetralkan asam metabolik dan menyerap kalsium sehingga dapat memelihara struktur tulang menjadi lebih baik.
  5. Anda semua tahu bahwa buah dan sayuran bermanfaat baik bagi tubuh. Buah dan sayuran mengandung banyak kandungan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Banyak-banyaklah mengonsumsi melon, alpukat, selada, tomat, dan beragam sayur serta buah lainnya.

Nah, semoga dengan adanya artikel di atas, Anda menjadi lebih rajin dalam merawat kondisi tulang Anda. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu! (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0