Kerusakan Gas Water Heater

Water Heater Indonesia merupakan alat pemanas air yang umum digunakan di penginapan maupun di rumah yang sering membutuhkan air panas untuk keperluan mandi. Biasanya, keluarga yang menggunakan water heater adalah keluarga yang memiliki anak kecil sehingga sering membutuhkan air panas untuk berbagai keperluan, atau orang yang memiliki tingkat aktivitas tinggi sehingga sering menggunakan air hangat untuk relaksasi setelah beraktivitas. Ada beberapa jenis water heater yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah gas water heater.

pemanas air gasSesuai namanya, gas water heater ini menggunakan tenaga gas sebagai sumber panasnya. Water heater ini banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki harga beli yang paling murah bila dibandingkan dengan water heater jenis lainnya. Meskipun begitu, banyak juga yang merasa ragu untuk menggunakan water heater ini karena faktor keamanan. Masalah kebocoran gas yang bisa berbahaya bila terhirup, hingga menyebabkan ledakan membuat mereka takut menggunakan gas water heater.

Sebenarnya, menggunakan gas water heater aman selama kita memperhatikan beberapa peringatan yang biasanya akan diinfokan pada kita. Misalnya saja seperti jangan lupa untuk mematikan gas saat tidak digunakan, dan berbagai peringatan lainnya. Termasuk juga, jika gas water heater mulai menunjukan tanda kerusakan, antara lain:

  • Air yang dikeluarkan tidak, kurang atau terlalu panas
  • Air yang dikeluarkan kurang panas
  • Air yang dikeluarkan terlalu panas
  • Warna air yang dikeluarkan berubah
  • Pembakar utama tidak mau menyala
  • Lampu pilot tidak menyala
  • Lampu pilot tidak mau tetap menyala
  • Proses recovery lambat
  • Terdapat kebocoran pada tekanan relieve valve
  • Tanki air bocor

Water heater memang berfungsi untuk menyediakan air panas, namun jika air yang dikeluarkan terlalu panas, ini juga merupakan sebuah tanda bahwa water heater mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki. Lampu pilot yang menyala, menunjukkan gas water heater sedang bekerja. Jika lampu ini menyala, namun air yang dikeluarkan alat ini ternyata tidak panas, menunjukan terjadi masalah pada alat ini. Termasuk juga, ketika mesin menyala namun lampu pilot tidak mau tetap menyala atau bahkan mati.

Ketika menemui salah satu permasalahan ini, sebaiknya segera perbaiki alat ini sebelum kerusakannya semakin parah. Perbaikan gas water heater haruslah dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman. Perbaikan yang dilakukan dengan cara yang salah, berpotensi menyebabkan kesalahan fungsi pada gas dan akan berbahaya bagi pengguna. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0