Ketika Perumahan Harga Murah Tidak Lagi Dipandang Sebelah Mata

Saat ini merupakan momen yang sangat menguntungkan bagi pengembang perumahan harga murah. Dan jika momen ini benar-benar berhasil dimanfaatkan, maka stigma negative tentang perumahan dengan harga murah akan hilang.

perumahan harga murahSelama ini masyarakat underestimate terhadap perumahan yang dijual dengan harga yang murah. Yang ada dipikiran mereka, bahan bangunan yang digunakan pasti tidak berkualitas pengerjaannya pasti asal-asalan. Sehingga, stigma negatif terhadap perumahan harga murah tersebut membuat masyarakat enggan untuk memilih.

Sekarang ini, stigma tersebut tidak akan hilang. Berikut alasannya.

Persaingan Antar Pengembang yang Semakin Kompetitif

Sekarang ini, semakin banyak orang yang berani menjadi developer atau pengembang perumahan murah. Alasannya sangat sederhana. Permintaan perumahan tidak pernah turun. Bahkan cenderung bertambah.

Namun, kondisi ini juga memberikan efek yang positif kepada konsumen. Karena banyak developer perumahan harga murah, maka konsumen memiliki banyak pilihan. Dengan demikian harga menjadi sangat kompetitif.

Pada kondisi seperti inilah bargaining position konsumen menang. Mereka bisa memilih harga rumah yang murah dengan kualitas yang bagus. Itulah mengapa banyak developer perumahan yang menawarkan beberapa fasilitas yang berbeda seperti DP ringan, angsuran yang rendah, atau desain rumah custom sesuai dengan keinginan klien.

Jadi, jelas bukan siapa yang paling diuntungkan?

Kebijakan Pemerintah

Pemerintah saat ini memiliki kebijakan yang fokus terhadap kesejahteraan masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. Hal ini tidak diwujudkan dengan pemberian uang, tapi kemudahan memiliki perumahan dengan harga yang murah. Para developer didorong untuk membuat perumahan murah dengan standar tertentu.

Perhatian dari pemerintah ini tidak hanya berkaitan dengan harga rumah murah, tapi juga segi pembiayaan, subsidi, dan juga kualitas rumah yang dibangun.

Kesadaran Masyarakat

Tidak semua orang ingin tinggal di apartment atau perumahan mewah dengan fasilitas yang lengkap. Walaupun jumlah apartment dan perumahan mewah semakin bertambah, perumahan dengan harga murah masih menjadi daya tarik tersendiri. Kenapa demikian?

Banyak masyarakat yang menyadari bawasannya hidup di apartment atau perumahan yang mewah berarti harus menyediakan uang untuk biaya hidup yang mewah pula. Memang fasilitasnya sangat bagus. Ada ruang terbuka yang sangat nyaman untuk keluarga. Namun, jika biaya sehari-hari tinggi, mereka akan berpikir ulang untuk memiliki hunian mewah.

Itulah mengapa banyak yang tertarik untuk memiliki rumah sederhana. Mereka lebih mengutamakan kenyamanan. Apalagi kehidupan di lokasi perumahan harga murah seperti di pedesaan di mana sosialisasi antar warga terjalin sangat kuat.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0