Lakukan Perawatan Alat Berat Secara Berkala

Seperti halnya kendaraan pada umumnya, alat berat juga membutuhkan perawatan rutin agar dapat selalu bekerja sesuai kegunaannya dengan maksimal. Jika suku cadang alat berat  tidak dirawat dan diganti dengan yang sesuai secara berkala, maka akan memperpendek usia alat berat. Alat berat  yang mengalami kerusakan cukup parah, tentunya akan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit Selain itu, jika terdapat kerusakan yang tidak diketahui dan alat berat tetap dioperasikan, maka tentunya akan sangat berbahaya bagi operator maupun pekerja di sekitar alat berat . Untuk menghindari berbagai hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan berkaitan dengan perawatan alat berat, antara lain:

  • perawatan alat beratLakukan pemeriksaan monitor panel. Tidak berbeda pada kendaraan lain, monitor panel ini juga berfungsi untuk mengetahui level oli mesin, level bahan bakar, level pengisian, temperatur, dan berbagai hal lainnya. Operator dapat mengetahui bahwa semua bekerja secara normal dengan memeriksa monitor panel ini, karena jika ada bagian yang bermasalah maka lampu monitor ini akan menyala.
  • Periksalah pelumas secara berkala, meskipun monitor panel tidak menunjukan tanda adanya masalah (bisa disebabkan adanya kerusakan pada monitor panel). Kondisi pelumas yang baik dan bekerja secara sempurna dapat menambahkan masa kerja suku cadang alat berat. Gunakanlah pelumas yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk masing-masing komponen.
  • Periksalah segel dan filter secara berkala agar material-material pengganggu (debu, pasir, dan sebagainya) tidak tersedot ke dalam mesin. Alat berat juga sebaiknya disimpan di dalam garasi atau gedung lain jika bisa, dan dinyalakan secara berkala jika sedang tidak aktif dipakai.
  • Buatlah jadwal perawatan dan perbaikan yang jelas, dan simpanlah catatan yang lengkap. Setiap inspeksi dan penggantian suku cadang harus dicatat, agar saat terjadi kerusakan tidak perlu bingung lagi mengingat kapan komponen tersebut terakhir diganti atau diperiksa.

Perawatan alat berat yang baik akan menambah usia efektif alat berat, mengurangi kemungkinan kerusakan, dan juga meningkatkan efisiensi alat berat. Namun, hal yang tidak kalah pentingnya dan harus diperhatikan saat mengoperasikan alat berat adalah, jangan mengoperasikan alat berat ini melebihi kapasitasnya, baik kapasitas beban maupun batas waktu kerjanya (tercantum pada buku panduan). (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0