Langkah Awal Dekorasi Interior Rumah

Jika kamu membeli sebuah hunian yang sudah all in alias siap huni dari perusahaan real estate di Jakarta, masalah interior pastinya tidak lagi menjadi hambatan karena semuanya sudah dikerjakan oleh pihak developer. Kamu bisa membeli rumah idaman dengan memilih developer yang membangun rumah dengan bentuk dan desain sesuai dengan seleramu. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, kamu pun akan merasa bosan dengan interior rumah yang hanya begitu-gitu saja. Pastinya, pada satu waktu kamu perlu melakukan dekorasi ulang atau hanya sekadar touch up agar interior rumah tak lagi membosankan. Lantas, apa saja langkah awal yang harus dilakukan kalau kamu ingin mendekorasi rumah?

  1. dekorasi interior rumahPerhatikan detail-detail di rumah secara menyeluruh. Apa yang kamu suka dari interior di rumahmu yang sekarang? Apa yang tidak kamu sukai? Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya? Dan dari semua furnitur yang ada di rumah, mana yang kamu suka? Kenapa? Apakah karena materialnya, kualitasnya, atau bahkan karena modelnya? Belajarlah dari semua itu. Dengan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa lebih memahami seleramu sendiri dan mencari tahu apa yang harus diubah dalam proses dekorasi kali ini. Repeat the things you like, and don’t repeat the things you don’t like just because they’re familiar to you.
  2. Buat daftar prioritas. Kalau kamu tidak mempunyai prioritas, maka akan sangat sulit untuk menentukan mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan. Ada perbedaan besar antara ingin dan butuh sehingga kamu tidak bisa memiliki keduanya. Dengan membuat daftar prioritas, kamu bisa menentukan mana furnitur yang harus kamu beli untuk menjadi design statement tanpa membuat kantong bolong. Daftar ini juga membantu kamu untuk memilah-milah which things have to be done now and which things can wait.
  3. Kumpulkan foto-foto interior dari website arsitektur atau majalah properti. In other words, start collecting pictures of rooms you like. Aktivitas ini bisa membantu kamu untuk menentukan taste alias selera kamu dalam hal desain interior. Just look at the characteristics that pop up again and again. Pastinya ada satu karakteristik, entah itu dalam hal color palettes, patterns, material, atau gaya desain, yang sangat menonjol. Then, let those characteristics guide you. Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan jasa desainer interior, kumpulan foto-foto interior ini bisa menjadi acuan mereka untuk membuat desain yang kamu banget. Selain itu, kamu juga bisa mendapat banyak inspirasi dari kumpulan foto ini!

Nah, ini dia langkah awal yang bisa kamu lakukan kalau kamu berniat untuk mendekorasi interior rumah kamu. Satu hal yang perlu diingat: always trust your instincts. Sebab, yang akan menempati rumah ini adalah kamu sendiri sehingga kamu harus membuatnya senyaman mungkin. Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0