Makanan Enak Ini Tidak Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

Tidak semua makanan sehat itu baik untuk dikonsumsi pada bulan puasa. Sayangnya banyak orang yang tidak menghiraukan hal ini. Akibatnya tidak sedikit orang yang lemas dan tidak bertenaga saat bulan puasa. Hal ini dijadikan dalih kenapa saat bulan puasa produktivitas menurun.

Tapi lihat bagaimana para pemain sepakbola professional muslim tetap bermain di lapangan dengan stamina tinggi walaupun sedang berpuasa. Kunci pada makanan sehat yang mereka konsumsi. Mereka sangat memperhatikan makanan apa yang tidak hanya sehat tapi baik untuk menjaga stamina ketika berpuasa.

Mungkin Anda akan menemukan sedikit kesulitan. Pasalnya, beberapa jenis makanan berikut enak dan banyak orang mengkonsumsinya. Sayangnya, makanan berikut ini tidak begitu direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa.

gorenganGorengan

Sepertinya gorenag menjadi menu favorit berbuka hampir semua orang di Indonesia. Apalagi yang tinggal di daerah dingin. Gorengan hampir selalu dijadikan menu berbuka puasa atau takjil.

Akan tetapi, sebaiknya mulai sekarang Anda menghindari mengkonsumsi gorengan selama bulan puasa. Setidaknya Anda mengurangi mengkonsumsi gorengan apalagi memulai berbuka puasa dengan gorengan. Pasalnya, minyak dan lemak yang terkandung di dalam gorengan akan membuat perut sebah. Selain itu, gorengan juga menyebabkan lesu dan lemah.

Nasi
Mungkin aneh kenapa nasi termasuk ke dalam makanan sehat tapi kurang baik untuk dikonsumsi saat puasa.

Sebenarnya bukan tidak baik. Hanya saja Anda sebaiknya mengurangi mengkonsumsi nasi. Saat berbuka atau sahur, makanlah nasi secukupnya. Usahakan banyak sayuran dan lauk pauk.

Nasi termasuk ke dalam jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Itu artinya karbohidrat tersebut mudah dicerna oleh tubuh. Jika Anda banyak mengkonsumsi nasi pada saat sahur, maka Anda akan lebih cepat lapar.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi sedikit nasi namun menambahkan menu makanan berupa roti gandum atau ubi manis yang mengandung karbohidrat kompleks.

Es Krim
Tidak jarang orang yang menyajikan menu berbuka puasa berupa es krim. Memang menyegarkan. Akan tetapi, siapa sangka jika ternyata es krim bisa membuat Anda mudah merasa haus. Apalagi es krim krim rasa coklat.

Hal ini disebabkan es krim rasa coklat mengandung kafein. Kafein inilah yang menyerap mineral di dalam tubuh sehingga Anda akan cepat merasa haus.

Itulah tiga makanan yang sebaiknya Anda hindari. Semoga puasa tahun ini lancar hingga satu bulan penuh dengan memperhatikan menu makanan sehat dan juga baik untuk berbuka dan sahur.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0