Makanan ini Bisa Menurunkan Stres Loh

Stres dengan tekanan pekerjaan atau masalah hidup lainnya ? 🙂 Ya, tidak dipungkiri stres memang sering datang disaat kita telah berada di suatu keadaan yang sudah mencapai batas dalam menghadapinya. Stres sendiri dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit sehingga menyebabkan masalah baru. Disaat keadaan stres inilah ada baiknya kita untuk dapat menurunkan tingkat stres dengan makanan yang dapat menurunkan stres. Lalu makanan apa saja yang dapat menurunkan tingkat stres ? Berikut ini daftar makanan untuk menurunkan stres.

makanan penurun stresCokelat
Cokelat dalam hal ini adalah dark chocolate memiliki khasiat dalam menurunkan tingkat stres. Dalam sebuah penelitian dengan mengkonsumsi dark chocolate secara rutin selama 2 minggu berkhasiat mengurangi kadar hormon kortisol dan katekolamin yang dapat meningkatkan perasaan tertekan.

Teh Hijau
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan tingkat stres. Dengan meminum secangkir teh hijau kita akan merasakan ketenangan dan perasaan rileks. Hal ini dikarenakan kandungan cathecin yang memiliki manfaat sebagai super oksidan. Catchecin memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme serta melancarkan peredaran darah.

Susu
Kandungan kalsium dalam susu sangat baik untuk melonggarkan otot yang tegang dan menenangkan saraf. Minum susu pada malam hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Es Krim
pasti banyak yang setuju es krim dapat menjadi obat stress yang mujarab, disaat kepala sedang panas maka dapat menjadi lebih dingin dengan ice cream. Bahan dasar susu dan krim pada es krim mengandung asam amino tryptophan yang dapat membuat otak menjadi lebih tenang.

Asparagus
Kekurangan asam folat dapat menjadi pemicu kecemasan dan depresi. Asparagus memiliki manfaat baik untuk meningkatkan kadar asam folat.

Brokoli
Brokoli memiliki kandungan Folic Acid yang terbukti dapat meredakan stres, panik, gelisah, hingga depresi.

Kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan protein, Vitamin B, kalsium, dan magnesium yang sangat baik untuk menghilangkan stres dan tentunya menyehatkan.

Ikan
Ikan salmon, tuna, sarden dan ikan lainnya yang menjadi sumber Omega-3 selain membantu perkembangan otak juga memiliki fungsi untuk menenangkan otak.

Jadi, bila kita sering merasakan stres maka makanan diatas wajib menjadi pilihan dan teman untuk menurunkan stres 🙂 .

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn0