Makanan Nasi Ala Jepang

Makanan Jepang kini menjadi salah satu makanan favorit yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya restoran – restoran jepang yang menjamur. Mulai dari restoran franchise, cepat saji hingga restoran khusus masakan Jepang. Di Jakarta saja kini dapat dengan mudah menemukan restoran – restoran Jepang dimana salah salah satu adalah Restoran Akira Back Jakarta yang berada di gedung MD Place, Setiabudi Jakarta Selatan. Restoran restoran unik dan inovatif Akira Back Jakarta merupakan restoran dari luar yang kini membuka cabang di Jakarta.

makanan jepangMakanan Jepang banyak digemari karena banyak jenis masakan yang dapat dipilih. Misalnya saja dari jenis makanan berbahan nasi yang memiliki banyak varian seperti Sushi, Onigiri, Gyudon dan Donburi. Semua jenis makanan tersebut berbahan utama nasi dimiliki setiap masing – masing memiliki perpaduan dengan lauk yang berbeda – beda.

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari Shari (nasi untuk sushi) yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak (wikipedia). Nasi pada shusi sebenarnya sudah memiliki rasa sedikit masam karena sudah terdapat bumbu seperti cuka beras, garam serta gula.

Ada banyak jenis dari sushi yang ada saat ini. Nigirizushi adalah jenis sushi yang dengan ikan laut segar yang diletakkan diatas nasi dan bentuk dengan menggunakan telapak dan jari tangan. Neta yang digunakan juga dapat dalam keadaan matang seperti belut unagi dan anago yang sudah dimasak dengan dipanggang (tamagoyaki). Makizushi adalah sushi berupa nasi yang digulung dengan isian mentimun, tamagoyaki, neta lainnya dan dibungkus dengan nori. Chirashizushi adalah sushi yang dimakan dengan neta makanan laut dan sayuran yang dipotong – potong. Nasi dan Neta diletakkan pada mangkuk dan tidak dibentuk.

Onigiri
Onigiri atau di Indonesia dikenal dengan nama nasi kepal. Onigiri dibuat dengan membentuk atau memadatkan nasi disaat masih dalam keadaan hangat dan dibungkus dengan menggunakan Nori. Biasanya Onigiri dapat berbentuk segitiga atau bulat. Untuk isian Onigiri yang sederhana dapat berupa ikan salmon panggang.

Gyudon
Gyudon adalah makanan jepang dalam mangkuk yang terdiri dari nasi yang diberi irisan daging sapi diatasnya. Untuk irisan daging sapi dimasak dengan menggunakan daging sapi bagian perut dan bawang bombay yang dimasak dengan kecap asin dan gula (seperti sukiyaki).

Donburi
Donburi adalah salah satu makanan jepang yang terdiri dari nasi yang ditambahkan berbagai lauk ikan, daging dan sayuran berkuah yang dihidangkan pada mangkuk yang besar.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0