Makanan Sehat untuk Perkembangan Janin

Banyak yang mengatakan bahwa ibu yang sedang hamil nafsu makannya akan meningkat karena harus memberi makan ‘dua badan’. Anggapan ini tentu saja salah sebab yang benar adalah seorang ibu hamil harus makan dengan gizi yang dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Gizi ini diperlukan untuk menunjang perkembangan janin yang ada di dalam perut. Selama bulan-bulan saat kehamilan, asupan gizi ini mutlak diperlukan untuk kehidupan si jabang bayi. Sebagai seorang calon ibu yang baik, tentunya kita tidak ingin kan anak yang ada di dalam perut ini mendapat gizi seadanya?

makanan sehat ibu hamilMemilih makanan yang sehat adalah cara menjaga kehamilan namun bukanlah perkara mudah. Sebab, perut yang sering mual ini tidak mudah diajak bekerja sama untuk memakan makanan sehat. Kita akan lebih tergoda untuk memakan makanan dengan rasa yang enak dan gurih tanpa tahu makanan tersebut baik untuk janin kita atau tidak. Ingatlah bahwa apa yang kita makan akan berdampak langsung pada perkembangan janin kita. Untuk itu, mulailah untuk memperhatikan apa saja yang sebaiknya Anda makan saat periode kehamilan Anda.

Seorang ibu yang sedang hamil biasanya diharuskan untuk menjaga pola makannya dengan empat sehat lima sempurna. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah dibandingkan karbohidrat karena sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan janin Anda. Konsumsi sayur-sayuran seperti kembang kol, wortel, jagung, kacang kedelai, dan brokoli karena sayuran tersebut mengandung folid acid. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jambu atau alpukat yang juga baik untuk perkembangan janin.

Makanlah makanan yang mengandung omega 3 karena baik untuk perkembangan otak bayi. Omega 3 banyak terkandung dalam ikan laut jadi konsumsilah ikan-ikanan yang segar dan belum terkontaminasi apa pun. Penuhi juga kebutuhan gizi Anda dengan kolin yang ada di dalam telur. Protein yang ada di dalam kacang-kacangan pun bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Jika Anda mual, makanlah dengan porsi yang sedikit-sedikit namun kontinu. Yang terpenting adalah selalu jaga makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0