Manfaat Baik Minuman Bir Bagi Kesehatan

Aturan terbaru dari pemerintah melarang dijualnya bir dan minuman beralkohol dengan kadar dibawah 5% dilarang untuk dijual di minimarket. Ini tentunya menyusahkan mereka yang ingin cari bir untuk acaranya. Aturan ini sendiri dilakukan untuk membatasi konsumsi alkohol berlebihan pada masyarakat yang membahayakan seperti konsumsi bir oplosan. Padahal, meski suka dipandang buruk, minuman beralkohol lainnya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tentu saja, manfaat ini bisa didapat dengan konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan.

alkohol dan kesehatanYa, manfaat baik minuman alkohol bagi kesehatan ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian dan riset. Berikut ini beberapa manfaat baik minuman beralkohol, termasuk bir, bagi kesehatan, di antaranya:

Mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler

Sekolah Kesehatan Publik di Harvard University menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah yang wajar dan terkontrol dapat meningkatkan produksi HDL atau high-density lipoprotein, yakni kolesterol baik yang bagus untuk kesehatan. Jumlah HDL yang tinggi dalam darah bisa mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), seperti kolesterol, stroke, dan serangan jantung.

Mengurangi resiko penyakit dementia

Pada jurnal Neuropsychiatric Disease and Treatment, berdasarkan pada penelitian yang dilakukan pada lebih dari 365.000 partisipan dari tahun 1977, mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol secara terkontrol memiliki resiko lebih rendah hingga 23% dari potensi terserang Alzheimer dan penyakit lupa lainnya di usia lanjut. Berdasarkan jurnal tadi juga, alkohol dalam jumlah yang sedikit

Mencegah resiko batu ginjal

Konsumsi minuman beralkohol sebanyak dua sloki (gelas kecil) sehari ternyata bisa mengurangi resiko penyakit batu ginjal hingga 33%. Ini dikarenakan, bir yang 93%-nya merupakan air memiliki efek yang hampir mirip dengan air putih bagi ginjal. Namun tentu saja air putih memiliki manfaat lebih besar untuk ginjal.

Mengurangi potensi kanker

Anggur merah (red wine) ternyata memiliki manfaat yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker pada bagian kepala dan tenggorokan. Kandungan resveratol dalam anggur merah mampu menahan efek dari alkohol yang dapat menyebabkan kanker.

Mengurangi resiko disfungsi ereksi

Hasil dari peneliatian terbaru mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol secara bijak berpotensi untuk mengurangi disfungsi ereksi hingga sebesar 25-30%. Mesi begitu, hasil ini masih memerlukan riset lebih lanjut lagi untuk lebih melihat hubungan antara impotensi dan konsumsi alkohol.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun perlu diingat bahwa konsumsi secara berlebihan justru bisa membahayakan kesehatan. Karena dari itu, disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol secara wajar dan bijak untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal tersebut. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0