Manfaat Lain Pohon Jati

Jati adalah salah satu jenis kayu terpopuler di dunia, dan juga salah satu hasil produksi alam Indonesia yang paling laris di kancah internasional. Kayu jenis ini menghasilkan cairan khusus yang membuatnya sangat tahan lama, tahan cuaca, dan tahan dari serangan serangga.Berbagai hal ini telah membuatnya menjadi salah satu jenis kayu yang paling sering digunakan untuk membuat berbagai benda, dari mulai furniture hingga kapal laut. Namun, Furniture Kayu Jati dan kapal yang terbuat dari kayu jati bukan merupakan satu-satunya produk olahan kayu jati.

pohon jatiTerdapat beberapa manfaat dan hasil olahan kayu jati lainnya, dan salah satu yang paling berpotensi adalah manfaat medis yang dimilikinya. Hampir seluruh bagian dari pohon jati memiliki manfaat medis yang dapat digunakan dengan sedikit pengolahan. Contohnya,

  • Daun pohon jati memiliki zat-zat anti-bakteri dan anti-jamur. Hal ini biasanya digunakan sebagai bahan minyak pelumas kayu. Namun jika diolah lebih lanjut dengan seksama, daun ini bisa digunakan sebagai obat. Daun dapat ditumbuk dan diproses sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet atau kapsul, atau bisa juga diseduh sebagai teh herbal. Daun kering pohon jati juga dipercaya dapat menyembuhkan masalah-masalah pada menstruasi, masalah pada tenggorokan, dan juga dapat menghentikan pendaraahan pada luka.
  • Dalam Ayurveda, sebuah metode penyembuhan dari agama Hindu, kayu jati sendiri dipercaya dapat meredakan sakit kepala dan memperlancar pencernaan karena mengandung zat laxative. Bahkan, dapat menyembuhkan disentri, leucoderma, dan beberapa jenis penyakit pencernaan lainnya. Zat anti serangga yang terdapat pada kayunya sendiri juga dapat bekerja sebagai pembasmi cacing di dalam tubuh. Biasanya manfaat ini didapatkan dengan merebus tumbukan kayu dan meminum air rebusannya.
  • Bunganya juga memiliki beragam manfaat, seperti menyembuhkan bronchitis, menyembuhkan penyumbatan saluran darah, serta melancarkan peredaran darah dari hati, hingga menyembuhkan masalah beragam penyakit kantung kemih. Metode pengolahan yang paling lazim ditemukan adalah penyeduhan ekstrak bunga. Terdapat juga minyak yang dapat membantu pertumbuhan rambut yang juga merupakan hasil olahan bunga pohon jati. (RR)
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0