Materi Pembelajaran Bahasa Inggris SMA

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris telah dilibatkan di hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dunia kerja mewajibkan pelamar memiliki keahlian berbahasa Inggris, sementara dunia pendidikan menerapkan kurikulum pelajaran bahasa Inggris yang ketat. Kurikulum tersebut berlaku pada mata pelajaran bahasa Inggris untuk seluruh tingkatan, dan memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang berbeda-beda, terus meningkat seiring dengan tingkatannya. Hal ini membuat Bahasa Inggris Untuk SMA memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang lebih tinggi dari bahasa Inggris untuk SMP atau SD. Mengapa demikian?

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja professional setelah lulus SMA. Maka dari itu, pelajaran bahasa Inggris pada tingkat SMA harus mulai mempersiapkan pelajar untuk menghadapi dunia kerja. Pemilihan kata dan struktur kalimat mulai mengarah ke dunia professional dengan menggunakan bahasa yang formal dan resmi. Kurikulum bahasa Inggris SMA pun harus secara aktif melatih pelajar yang berniat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dengan memberikan latihan penulisan thesis dan essay.

Untuk materi vokabuler dan grammar juga semakin meningkat dan ketat. Pelajar mulai mempelajari bentuk-bentuk grammar yang belum dipelajari di tingkat sebelumnya. Selain itu, topik yang dibahas juga mulai semakin kompleks dan semakin mendekatkan diri dengan budaya negara luar.

Untuk bidang listening (mendengarkan), pelajar akan mulai belajar dengan mendengarkan atau menonton berita-berita internasional yang berbahasa Inggris. Sementara dalam bidang reading (membaca), pelajar akan mulai membahas karya-karya literatur berbahasa Inggris yang lebih kompleks dari sekedar cerita pendek. Untuk melatih kemampuan speaking (bicara), pelajar akan mulai diajak berlatih bicara aktif dengan menyelenggarakan drama hingga lomba pidato. Public speaking akan mulai ditingkatkan pada masa ini, demi meningkatkan keterbiasaan diri pelajar akan struktur kalimat dan pemilihan kata yang formal serta resmi. Dalam bidang writing (menulis), pelajar akan belajar cara menulis pidato, hingga surat atau e-mail resmi.

Pada kurikulum ini, kehidupan sosial pelajar juga akan ditingkatkan dengan disusunnya banyak tugas kelompok yang membutuhkan lebih dari satu pelajar. (RR)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0