Membersihkan Pipa PVC dari Lumut

Masalah pipa PVC yang tersumbat tentunya akan terasa sangat merepotkan. Padahal sudah dijaga agar tidak ada kotoran yang masuk, namun ternyata masalah ini tetap saja bisa terjadi. Padahal, jika sudah begini akan terasa merepotkan. Lalu, kenapa pipa bisa tersumbat? Padahal tidak ada kotoran yang masuk.

pipa airJawabannya mudah, sumbatan ini bisa disebabkan lumut yang muncul pada permukaan dinding pipa. Yap, pipa yang dialiri air secara terus menerus bisa menyebabkan munculnya lumut. Mungkin saja, pada awalnya hal ini tidak mengganggu. Akan tetapi, jika terus dibiarkan tentunya akan menyebabkan sumbatan semakin parah dan air juga menjadi kotor.

Nah, jika Anda sedang mengalaminya saat ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini, yaitu:

  • Sikat

Ini adalah cara paling aman untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding pipa, termasuk lumut. Caranya juga sangat sederhana, yaitu dengan membuka saluran pipa dan kemudian memasukkan sikat ke dalam pipa. Gosok bagian dalam pipa dengan menggunakan sikat tersebut. Ulangi hingga beberapa kali dan pastikan bahwa lapisan dalam pipa sudah bersih dari lumut.

Cara membersihkan ini memang aman, sayangnya tidak tepat untuk pipa yang melengkung ataupun berbelok. Sebab, akan terasa sangat merepotkan jika Anda harus melepaskan setiap sambungannya. Apalagi, jika posisi pipa ini berada di bagian dalam yang sulit terjangkau. Misalnya seperti tertanam di dinding atau lantai. Bisa jadi, saat membersihkan dengan cara ini, Anda justru mendorong lumut semakin masuk ke dalam dan berkumpul di bagian sambungan pipa.

  • Soda api

Ini adalah cara paling ampuh untuk membersihkan pipa, karena tidak hanya membersihkan lumut saja, tetapi juga beberapa kotoran lainnya. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan bubuk soda api dengan air dan kemudian menuangkannya ke dalam pipa. Biarkan beberapa saat terlebih dahulu agar soda api ini benar-benar selesai bekerja menghilangkan seluruh kotoran. Setelah itu, barulah siram dengan air bersih.

Akan tetapi, soda api ini adalah zat yng cukup berbahaya. Sehingga, membutuhkan perhatian khusus saat menggunakannya. Khususnya, jika soda api ini sudah terkena air meskipun hanya sedikit. Selain itu, penggunaan soda api yang terlalu sering juga dapat menyebabkan pipa semakin lama mudah rusak. Sebab itulah, hanya gunakan zat ini jika memang benar-benar diperlukan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0