Memilih Provider Internet di Jogja

Kebutuhan internet di Jogja kini semakin meningkat, bahkan tidak dipungkiri kini menjadi kebutuhan primer. Pertumbuhan kebutuhan akan internet ini seiring dengan pertumbuhan masyarakat serta jogja sebagai tempat kuliah yang memiliki banyak mahasiswa. Pertumbuhan bisnis di kota Jogja juga membuat kebutuhan internet untuk bisnis kian meningkat. Internet Jogja merupakan kebutuhan masyarakat Jogja dimana perkembangan dunia digital sangat berkembang di kota pelajar ini.

internet di jogjaMunculnya usaha / bisnis yang semakin banyak di Jogya yang berbasis digital seperti jasa pembuatan website, bisnis online dan lainnya menjadikan internet sebagai kebutuhan utamanya. Seiring dengan perkembangannya, kini banyak provider atau jasa yang memberikan pelayanan untuk internet di Jogjakarta.

Namun perlu dicermati dengan banyaknya berbagai pilihan provider yang ada dan perlu diketahui juga bagaimana memilih provider internet di Jogja.

Lokasi
Ada 2 (dua) jenis layanan internet yaitu kabel fiber optik dan gelombang radio (wifi / nirkabel). Oleh karena itu perlu diketahui fasilitas apa yang telah tersedia didaerah kita. Untuk koneksi yang stabil dan tidak dipengaruhi cuaca, maka kabel fiber optik adalah pilihan yang terbaik. Namun bila daerah belum terjangkau kabel, maka dapat memilih yang menggunakan wifi. Namun untuk layanan nirkabel ini memiliki kelemahan disaat cuaca kurang baik serta gangguan sinyal.

Informasi
Cari informasi sebanyak – banyaknya tentang provider internet yang akan dipilih. Banyaknya service provider di Jogya membuat banyak pilihan, namun perlu dicari informasi provider mana yang terbaik untuk didaerah kita. Tanyakan kepada orang lain yang terlebih dahulu menggunakan fasilitas internet mengenai kelebihan dan kekurangan fasilitas internetnya. Dengan demikian kita akan menemukan provider yang paling terbaik untuk didaerah kita.

Track record
Cari informasi tentang track record provider yang kita gunakan. Cari tahu mengenai komplain yang dilakukan pelanggannya dan penyelesaiannya. Hal ini juga prnting diketahui agar kita mengetahui sejauh mana pelayanan terutama purna jual agar nanti bila terjadi complain dapat dengan cepat terselesaikan.

Kebutuhan
Ketahui untuk kebutuhan internet yang akan digunakan. Hal ini akan sangat penting dalam nanti memilih paket internet yang akan digunakan. Ketahui betul kebutuhan kuota, kecepatan yang akan dipilih sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memilih paket.

Paket
Ketahui paket – paket yang ditawarkan oleh provider internet. Setiap paket yang ditawarkan pasti memiliki perbedaan fasilitas dan tentunya harga. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar kita :).

Itulah beberapa poin yang harus diketahui sebelum memilih provider internet di Jogja, dimana kebutuhan akan internet menjadi sangat penting di kota yang semakin berkembang terutama dalam hal dunia digital. Selain di Jogja, kini banyak kota – kota di Indonesia yang mulai mengembangkan fasilitas internet misalnya saja yang dilakukan provider Biznet Hadir di Palembang.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0