Menentukan Frame Sepeda yang Tepat

Bagi sebagian orang yang awam dengan sepeda, termasuk pada Sepeda MTB mungkin akan banyak yang memilih sepeda hanya berdasarkan pada model yang disukainya saja, tanpa terlalu memperhatikan apakah sepeda tersebut sesuai dengan kebutuhan dan nyaman atau tidak digunakan. Padahal, ada satu hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan oleh siapapun yang ingin membeli sepeda, yaitu ukuran frame. Frame pada Sepeda MTB merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena sangat menentukan kenyamanan dalam bersepeda. Selain itu, frame sepeda yang tepat juga akan membuat kayuhan sepeda kita menjadi lebih efisien.

sepeda gunungAda beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita menentukan frame yang tepat untuk sepeda yang akan dibeli, yaitu:

  • Tinggi badan

Tinggi badan merupakan hal yang paling umum digunakan untuk menentukan ukuran frame sepeda yang digunakan. Bahkan, frame sepeda sudah memiliki ukuran S, M, L dan sebagainya yang dibedakan berdasarkan pada tinggi badan, yaitu:
XXS : Ukuran frame 47 -48 cm untuk tinggi badan 148 – 152 cm.
XS : Ukuran frame 49 -50 cm untuk tinggi badan 152 – 160 cm.
S : Ukuran frame 51 -53 cm untuk tinggi badan 160 – 168 cm.
M : Ukuran frame 54 -55 cm untuk tinggi badan 168 – 175 cm.
L : Ukuran frame 56 -58 cm untuk tinggi badan 175 – 183 cm.
XL : Ukuran frame 58 -60 cm untuk tinggi badan 183 – 191 cm.
XXL : Ukuran frame 61 -63 cm untuk tinggi badan 191 – 198 cm.

  • Stand – over height

Stand – over height merupakan jarak antara frame bagian atas (top tube) dengan tanah. Jarak top tube dengan tulang panggul pengendara pada saat turun atau berdiri di atas saddle sepeda sangatlah penting untuk diperhatikan. Jarak yang terlalu sedikit antara top tube dengan tulang panggul pengendara akan menyebabkan kecelakaan yang lebih menyakitkan dibandingkan jika terdapat jarak pada top tube. Sementara, jarak yang terlalu jauh akan membuat jarak tempuh pada setiap kayuhan menjadi pendek dan tidak nyaman.

  • Cockpit Length

Cockpit Length merupakan jarak antara saddle dan handle bar. Jarak antara top tube, stem dan panjang saddle juga penting untuk diperhatikan. Cockpit length ini harus cukup panjang agar lutut dan siku memiliki ruang gerak yang cukup saat mengayuh.

  • Leg Extension

Posisi lutut yang terlalu sering menekuk akan membuat lutut menjadi sakit dan dan menjadi tidak efisien saat mengayuh. Karena itulah, tentukan ukuran frame yang tepat dan tidak membuat posisi lutut menjadi sering menekuk.
Selain menentukan frame sepeda MTB yang tepat, seorang biker harus tahu pakaian tepat saat bersepeda gunung. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0