Mengatasi Anak Susah Makan

Bagi beberapa anak, waktu makan dapat menjadi saat yang menakutkan. Apapun makanan yang ibu hidangkan, mereka akan menolaknya dengan tangisan atau amarah. Apalagi jika makanan tersebut bukan makanan yang mereka suka. Banyak ibu yang sudah lelah dengan anak susah makan dan memutuskan untuk menghidangkan makanan yang anak sukai saja. Ini bukanlah keputusan yang baik, karena biasanya makanan yang disukai oleh anak yang susah makan adalah makanan yang kurang sehat, dan anak membutuhkan asupan nutrisi yang beragam untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Jika kebiasaan ini dibiarkan hingga besar, maka kemungkinan anak juga akan tetap sulit makan hingga dewasa.

anak susah makan

pic:webmd.com

Untuk menangkal ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk ibu yang harus menangani anak yang susah makan.

  • Cobalah menambahkan makanan-makanan sehat ke dalam makanan yang sudah disukai anak. Misalnya, cobalah masukkan potongan buah ke dalam sereal favoritnya atau sayur-sayuran ke dalam chicken nugget kesukaan si kecil.
  • Jangan ragu untuk mengajak anak memasak dan mempersiapkan masakannya, termasuk saat berbelanja untuk keperluan makannya. Jika ia memiliki rasa kepemilikan terhadap hidangan yang akan ia makan, mungkin ia akan lebih terbuka untuk mencicipi hasil kerjanya.
  • Jangan beli dan simpan makanan yang kurang sehat. Walaupun anak pasti akan tetap bersikukuh tidak akan makan, ia tidak akan punya pilihan lain selain makan makanan yang sehat ketika ia mulai lapar.
  • Sebaiknya, jangan mengisi makanan terlalu penuh di piring. Hal ini hanya akan membuat anak merasa kenyang saat melihat makanannya. Taruhlah makanan dalam porsi kecil dulu, dan katakan bahwa anak boleh menambah jika masih merasa lapar. Hal ini juga sekaligus mengajarkan anak untuk mengambil makanan secukupnya dan agar anak tidak terbiasa membuang-buang makanan.

Apapun yang orang tua lakukan untuk membuat anak mau makan apa yang diinginkan orang tua, kemungkinan besar ini tidak akan efektif jika orang tua tidak memberikan contoh yang baik. Pastikan si kecil melihat Anda menjadi teladan dan memakan makanan sehat, dan mereka juga pasti akan mengikuti Anda memakan apa yang Anda contohkan. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0