Mengatasi Masalah Sumbatan Pada Pipa PVC

Salah satu masalah yang paling tidak disukai adalah, adanya sumbatan di pipa PVC yang menyebabkan saluran pembuangan tidak mengalir sempurna. Apalagi, jika kamu tidak mengetahui kemana arah saluran, akibatnya kamu tidak tahu harus membongkar daerah mana untuk mengatasi sumbatan ini. Nah, untuk kamu yang sedang merasa pusing akibat masalah ini, sebenarnya tidak perlu terlalu bingung memikirkannya. Sebab, ada loh cara mudah untuk mengatasi masalah sumbatan pada pipa. Jadi, selama sumbatan ini belum benar-benar parah, kamu bisa mengatasinya tanpa harus membongkar saluran pipa.

saluran-air-lancarJadi, bagaimana sajakah caranya?

  • Soda api

Cara menggunakannya yaitu, tuangkan soda api secukupnya ke dalam sebuah wadah (seperti ember). Pastikan bahwa wadah masih bagus dan tidak terdapat kebocoran. Tuangkan air panas agar soda api ini dapat larut dengan mudah. Kemudian aduk dan pastikan tidak ada soda api yang menggumpal. Tuangkan cairan soda api ini ke dalam saluran pembuangan. Biarkan hingga beberapa jam, untuk memastikan bawa soda api ini sudah menghancurkan seluruh penyebab sumbatan. Menggunakan soda api ini terbukti ampuh, namun dapat berbahaya jika terkena bagian tubuh. Jadi, pastikan untuk berhati-hati saat menggunakannya.

  • Soda kue

Jika sumbatan belum terlalu parah atau kamu takut menggunakan soda api, kamu bisa memanfaatkan soda kue. Caranya, tuangkan satu cangkir soda kue kedalam saluran air, kemudian siram dengan air panas. Diamkan beberapa saat. Kemudian, tuangkan kembali satu cangkir soda kue ke dalam saluran air, dan tuangkan cairan cuka. Di jamin, setelah itu saluran air akan dapat mengalir normal kembali.

  • Air panas

Ini adalah cara paling sederhana untuk mengatasi masalah sumbatan. Biasanya, digunakan untuk mengatasi sumbatan pada tempat cuci piring, yang berisiko terkena banyak lemak sisa masakan. Meskipun kamu sudah menggunakan saringan, namun tidak menutup kemungkinan ada lemak yang tetap masuk ke dalam saluran air ini. Akibatnya, saluran air akan tersumbat oleh kumpulan lemak ini. Dengan menyiramnya menggunakan air panas, lemak tersebut akan luruh dan sumbatanpun akan hilang.

Memang, mengatasi sumbatan ini terlihat tidak terlalu sulit. Namun, jika bisa mencegah agar tidak terjadi sumbatan pada saluran air akan lebih baik. Pastikan kamu merawat saluran pembuangan air agar selalu bersih sehingga kamu nggak perlu repot-repot melakukan berbagai hal di atas. (Vita)

Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0