Mengenal Cetak Offset

Offset printing merupakan salah satu jenis percetakan yang biasa digunakan dalam bisnis percetakan besar seperti Jasa Offset Printing Jakarta. Percetakan offset adalah proses pencetakan dimana tinta tidak langsung dicetak pada kertas atau media cetak lainnya. Tinta yang digunakan melalui pelat logam lalu lapisan karet dan baru dicetak dikertas atau media cetak lainnya. Saat ini banyak buku dan koran menggunakan teknik offset printing. Biasanya visual yang ingin dicetak akan terlebih dahulu dicetak diatas pelat dengan menggunakan printer laser. Lalu pelat ini akan diolah mesin cetak menjadi pola penintaan yang akan dicetak ke atas kertas. Di dalam cetak offset, terdapat 2 metode yaitu Coldset dan Heatset.

mesin cetak offsetDalam Proses offset printing ada beberapa proses tahapan yang harus dilakukan. Pertama adalah tahap pra-cetak, dimana hal ini meliputi persiapan repro film yang akan digunakan. Selanjutnya setelah selesai membuat desain dan membuat film adalah melakukan proses rekam pada sebuah plat. Pada proses ini hampir mirip dengan foto copy dengan merekam film repro pada media plat aluminium yang akan dipasang pada mesin cetak nantinya. Persiakan kertas yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Terakhir dalam proses pra-cetak adalah mempersiapkan berbagai tinta, fountain, alkohol dan bahan chemical lainnya.
Tahap selanjutnya adalah proses pencetakan. Dalam tahap ini hal yang harus dipersiapkan adalah plat yang sudah terpasang pada mesin cetak offset serta bahan lainnya seperti kertas, tinta yang sudah terpasang pada tempatnya. Setelah semua telah siap, maka mesin cetak siap dijalankan.

Setelah semua siap dan terpsang, maka mesin siap dijalankan. Tinta bersinggungan dengan rol yang telah dipasangi plat baja, sedangkan tinta bersingungan pula dengan kertas sehingga desain yang ada di plat berpindang ke kertas dan keluar sesuai desain.

Proses terakhir atau finishing pada Offset Printing adalah merapikan atau memotong kertas hasil cetak. Hal lainnya yang dapat dilakukan melengkapi ketras dengan berbagai kebutuhan seperti embossed, laminating sesuai pesanan yang dibutuhkan.

  • Dengan penggunaan mesin cetak offset ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan mesin cetak lainnya. Berikut ini beberapa manfaat mesin cetak offset.
  • Hasil yang didapatkan daricetak offset ini memiliki hasil lebih tahan lama dan warna tidak mudah pudar.
  • Untuk harga yang dikeluarkan lebih murah apabila dalam jumlah banyak.
  • Dengan menggunakan cetak offset dapat menggunakan jenis kertas yang tipis seperti HVS.
  • Untuk kualitas warna terutama dalam hal gradiasi hasil cetak offset memiliki akurat yang lebih baik.
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0