Mengenal Fiber Internet Lebih Dalam

Ada banyak pilihan untuk kita dapat tersambung ke koneksi internet. Melalui kabel telefon, kabel tv, wireless, satelit, hingga yang terbaru yaitu fiber. Fiber Internet merupakan sebuah layanan koneksi internet baru yang menggunakan kabel yang khusus terbuat dari plastik dan kaca khusus. Fiber merupakan sebuah inovasi baru dalam dunia internet, inovasi ini memungkinkan data untuk berjalan mengendarai cahaya, berbeda dengan teknologi lama yang menggunakan gelombang listrik.

kabel fiber optikBanyak pengamat yang berpendapat bahwa di masa depan, seluruh pengguna internet akan menggunakan sambungan fiber atau sambungan lain yang lebih cepat. Hal ini mungkin benar, karena fiber saat ini memang masih menjadi teknologi terbaik untuk sambungan internet cepat. Meskipun begitu, teknologi fiber bukanlah sebuah teknologi yang sempurna tanpa kekurangan. Untuk lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas kelebihan serta kekurangan sambungan fiber.

Kelebihan

  1. Bandwidth lebih besar dari jenis sambungan lain. Data dapat berjalan dengan kuantitas lebih tinggi dalam satu kali komunikasi
  2. Kecepatan transfer data juga lebih tinggi, karena fiber menggunakan cahaya, bukan gelombang listrik
  3. Tak mudah terganggu oleh radiasi
  4. Lebih ramping dan kecil, sehingga lebih menghemat tempat
  5. Tidak mudah diretas, dan jika teretas pun, akan langsung terdeteksi
  6. Lebih efektif untuk proyek jangka panjang
  7. Lebih ekonomis jika terpasang dalam jumlah banyak
  8. Kabel lebih tahan lama

Kekurangan

  1. Biaya cukup membebankan untuk proyek jangka pendek atau skala kecil
  2. Kabel jika tertekuk dapat mengganggu sambungan, hal ini menyebabkan instalasi kabel membutuhkan ruang dan perencanaan yang lebih. Lekukan pada kabel dapat dengan mudah menghambat, dan bahkan menghentikan laju data.
  3. Kabel lebih mudah dirusak oleh hewan, karena terbuat dari plastik yang tipis, gangguan dari hewan kecil sekalipun dapat langsung merusak kabel. Hal ini membuat instalasi harus diperhatikan baik-baik.
  4. Biaya memperbaiki kabel cukup tinggi, bahkan untuk gangguan kecil sekalipun.

Melihat banyaknya kelebihan fiber ini membuat banyak orang langsung memilih jenis sambungan ini dibanding yang lain, namun sayangnya, jenis sambungan ini belum tersedia di seluruh daerah. Oleh karena itu, perhatikan juga apakah provider pada lokasi Anda menyediakan layanan ini apa tidak. (RR)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0