Miter Saw Untuk Memotong Pipa

Diantara 3 alat untuk memotong pipa PVC, mungkin banyak dari Anda yang menggunakan gergaji besi biasa. Alasannya, karena alat ini adalah yang paling sederhana dan mudah untuk digunakan. Memang sih, jika melihat dari segi kemudahan ditemukannya, alat tersebut memang yang pali mudah. Namun sebenarnya, ada lagi alat yang jauh lebih praktis, mudah dan aman digunakan untuk memotong pipa PVC.

Miter sawMiter saw, adalah sebuah alat yang terdiri dari plate pada bagian bawahnya dan gergaji mesin pada bagian atas. Alat ini dapat digunakan untuk memotong pipa PVC dalam berbagai ukuran kecil maupun besar, jadi kamu tidak akan kerepotan saat ingin membuat rak sepatu dari pipa PVC. Tidak hanya itu saja, alat ini juga bisa digunakan untuk memotong dalam beberapa bentuk, baik itu hanya potongan lurus maupun diagonal. Cara menggunakannya juga sangat praktis, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan pipa yang akan dipotong. Ukur menggunakan penggaris atau meteran dan berikan tAnda bagian yang ingin dipotong dengan menggunakan spidol. Tidak perlu memberikan tAnda melingkar di seluruh bagian pipa, cukup berikan garis kecil saja.
  • Siapkan miter saw yang akan digunakan. Atur bagian plate miter saw sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda ingin memotong pipa dengan bentuk lurus, maka posisikan lubang pada plate di bagian tengah. Namun, jika Anda ingin membuatnya meruncing, maka Anda bisa mengatur lubang pada plate sesuai dengan tingkat keruncingan yang Anda butuhkan.
  • Setelah plat diatur, giliran gergaji mesin yang harus Anda atur. Jika Anda ingin memotongnya secara lurus, maka biarkan gergaji ini tetap tegak. Namun jika Anda ingin memotongnya dengan bentuk diagonal ke atas atau ke bawah, maka Anda harus mengatur tingkat kemiringan gergaji sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Selanjutnya, letakkan pipa di atas plate. Posisikan tanda pada pipa di bagian atas. Kemudian gergaji pada pipa untuk memastikan bahwa posisi pipa sudah pas. Ingat, lakukan ini saat mesin belum dinyalakan. Jika Anda sudah yakin posisinya sudah tepat, maka Anda sudah siap untuk memotong pipa.
  • Setelah pipa terpotong, dekatkan ujung pipa pada lubang plate dan kemudian potong kembali dengan gergaji. Tujuannya adalah untuk menghaluskan hasil potongan pipa.

Keuntungan jika Anda memotong menggunakan alat ini, Anda tidak akan merasa lelah, hasil potong juga bisa jauh lebih halus daripada menggunakan gergaji biasa dan proses pemotongan juga bisa berlangsung dengan cepat. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0