Motor Grader : Alat Berat untuk Permukaan Tanah

Motor grader merupakan salah satu alat berat yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah dan biasa digunakan untuk proses pembangunan jalan. Bentuknya mirip dengan traktor, namun dilengkapi dengan spare part alat berat khusus disebut blade yang dipasang agar motor grader dapat melakukan pekerjaannya. Karena itu, tidak mengherankan jika blade motor grader, bagian yang amat memerlukan perhatian khusus dan harus dirawat supaya tetap prima unit alat berat Komatsu-nya. Pasalnya, dalam motor grader, blade inilah yang harus bekerja sedikit lebih keras untuk berhadapan langsung dengan tanah.

Motor GraderMotor Grader termasuk ke dalam alat berat yang bisa bergerak dengan fleksibel karena bisa dikendarai di darat dengan menggunakan ban dan transmisi. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, motor grader berfungsi untuk meratakan tanah, namun pengerjaannya tidak sebatas pada itu saja. Selain meratakan permukaan tanah, ternyata motor grader juga memiliki keunggulan lain. Alat berat ini mampu mengupas tanah, menyebarkan material ringan, hingga membentuk permukaan tanah. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk memotong gundukan dan membuat lubang. Meskipun mampu membuat lubang, alat berat ini tidak dapat digunakan untuk pertambangan bawah tanah, karena untuk proyek tersebut membutuhkan alat berat pertambangan bawah tanah yaitu longwall mining. Selain beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas, motor grader juga dapat bermanfaat ketika Anda hendak menambahkan atau mengurangi material di permukaan tanah, sebelum dipadatkan dengan compactor.

Komponen motor grader terbagi atas enam bagian utama. Ada penggerak yang berupa roda ban, kerangka atau frame yang menghubungkan bagian penggerak dengan komponen lain, blade atau pisau yang dikenal sebagai moldboard, sacrifier, circle, dan juga drawbar. Nantinya, moldboard inilah yang akan mengeksekusi permukaan tanah dan bisa digerakkan sedemikian rupa. Circle atau cincin penggerak lah yang bisa membuat moldboard ini berputar dan bergerak. Setelah dieksekusi dengan moldboard, material juga akan dihancurkan oleh sacrifier atau unit dari alat berat yang bergigi.

Alat berat motor grader biasanya akan difungsikan menjelang finishing proyek. Ia akan bergerak di atas permukaan tanah dan membentuk jalan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Selain pembuatan jalan, alat berat ini juga bisa difungsikan untuk membuat lapangan golf, pembuatan jalur balapan, dan lain sebagainya. Motor grader akan digunakan ketika alat berat seperti excavator atau bulldozer tidak bisa menjangkau permukaannya.

Nah, semoga artikel di atas bisa membantu, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0