Nelayan Karawang Juga Melek Internet

Internet bukan hanya menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan yang melek internet. Masyarakat desa petani, peternak, nelayan dan lainnya juga kini mulai melek akan internet. Belum lama ini salah satu provider telekomunikasi di Indonesia melakukan CSR dalam bidang IT dengan melakukan program pelatihan dan pemanfaatan Internet Karawang kepada para nelayan didaerah Karawang.

nelayan karawang dan internetSelain itu kegiatan pelatihan ini juga diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Karawang yang dilakukan di Balai Pengembangan Budi Daya Air Payau dan Laut, Kecamatan Cilebar, Karawang. Dengan ada kegiatan ini diharapkan para nelayan yang terhimpun dapat mulai melek akan teknologi dan internet yang semakin berkembang.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang terjadi saat ini tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan untuk mendukung dan memajukan para nelayan dalam aktifitasnya. Dengan adanya pelatihan internet ini diharapkan para nelayan dapat mengetahui dan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan internet. Dan tentunya untuk ini semua diperlukan infrastruktur jaringan internet yang baik sehingga hal yang mempengaruhi kecepatan internet dapat tercapai.

Banyak manfaat internet yang dapat diimplemtasikan dalam dunia perikanan dan kelautan. Pemanfaatan Internet dapat digunakan dalam mengidentifikasi keberadaan ikan sehingga para nelayan dapat mengetahui posisi letak dimana ikan sedang banyak. Tentunya hal ini akan sangat membantu para nelayan dalam mencari dan menangkap ikan dan dapat menghindari pemborosan bahan bakar karena mencari – cari lokasi ikan dengan menggunakan cara manual atau tradisional.

Manfaat lainnya yang didapatkan dari internet ini adalah bagi para nelayan pesisir yang memiliki mata pencarian sebagai nelayan tambak. Dengan berbagai informasi yang didapatkan dengan menggunakan internet para nelayan ini tentunya akan banyak mendapatkan informasi mengenai optimalisasi kegiatan tambak ikan mereka.

Dengan adanya kegiatan – kegiatan memperkenalkan internet kepada masyarakat didaerah maupun desa tentunya akan mampu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka. Memang sudah seharusnya para nelayan – nelayan ini mulai memanfaatkan teknologi internet dalam menunjang segala kegiatan yang dilakukan mereka.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0