Panel Beton Untuk Dinding Rumah

Mungkin sebagian besar masyarakat sudah mengetahui penggunaan panel beton untuk pagar sebuah rumah atau lokasi tertentu. Namun, banyak juga loh yang menggunakan panel beton sebagai dinding rumahnya. Karena itulah, tempat jual pagar beton precast mulai banyak juga yang menyediakan panel beton untuk dinding.

pagar panel betonDinding yang terbuat dari panel beton ini pada awalnya digunakan oleh gedung-gedung bertingkat, karena memang terbukti kuat dan tahan lama. Bayangkan saja jika gedung yang memiliki lebih dari 10 lantai, hanya menggunakan dinding yang terbuat dari batu bata. Pastinya akan sangat rentan terjadi masalah seperti retak atau roboh, terlebih lagi jika terjadi gempa. Risiko ini akan mengecil jika menggunakan panel beton sebagai bahan pembuatan dindingnya.

Untuk keperluan gedung bertingkat ini, biasanya dindin panel beton akan dicetak di bawah, sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan. Setelah panel beton ini telah siap, maka akan dipasang ke lokasi yang diinginkan dengan menggunakan bantuan crane. Proses pemasangan inilah yang cukup sulit, karena dibutuhkan kehati-hatian, kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi, agar dinding ini terpasang sempurna dan tidak akan terjadi masalah dikemudian hari.

Sejak mulai terkenalnya panel beton dekoratif, dinding panel beton ini pun mulai banyak diminati oleh masyarakat secara umum. Apalagi, motif yang bentuk yang disediakan oleh produsen semakin lama semakin kreatif dan menarik. Bahkan, mulai banyak yang lebih memilih beton sebagai bahan dasar pembuatan rumahnya, daripada membangun rumah berbahan dasar kaca. Kualitas dinding beton yang lebih baik dan kuat dibandingkan dengan dinding berbahan bata menjadi salah satu alasan pemilihan beton. Dinding berbahan beton akan lebih tahan terhadap risiko gempa, aman dari rayap, tahan air dan api, serta pada beberapa jenis panel beton memiliki kemampuan kedap suara.

Nah, bagi yang tetap ingin menggunakan dinding berbahan bata namun juga beton dekoratif, kita juga bisa menggabungkan keduanya. Kita bisa menggunakan dinding bata biasa, kemudian melapisinya dengan beton dekoratif yang cukup tipis, sehingga dapat dijadikan sebagai hiasan dinding. Selain itu, panel beton dekoratif ini juga bisa loh kita manfaatkan untuk menjadi sekat pemisah antar ruangan. Semuanya, tergantung selera dan kreatifitas kita saja. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0